Google Street View Selamatkan Anak Sragen yang Hilang 11 Tahun - Halaman 2

Google Street View Selamatkan Anak Sragen yang Hilang 11 Tahun

Andika Tarmy - detikInet
Kamis, 08 Okt 2020 10:47 WIB
Ervan Wahyu Anjarworo (tengah) bertemu dengan keluarganya di Sragen, Selasa (6/10/2020).
Anak hilang selamat berkat Google Street View (Foto: Andika Tarmy/detikcom)

Memakai Google Street View

"Yang saya ingat hanya Pak Parno (ayah), Bu Tanti (ibu) dan Mbak Ajeng (kakak sepupu). Sama satu lagi namanya Pasar Gonggang, pasar dekat rumah tempat saya sering bermain dulu," kata Ervan.

Petunjuk terakhir inilah yang menjadi kunci kepulangan Ervan. Melalui aplikasi Google Maps, Ervan mulai mendapatkan petunjuk nyata seputar asal-usulnya.

"Di Google Maps itu kan ada aplikasi Google Street View. Di situ saya lihat Pasar Gonggang. Persis, saya masih ingat sekali. Kondisinya tidak jauh berbeda waktu saya kecil," terangnya.

Ervan mengenang, hampir setiap hari diajak neneknya, Giyem, berbelanja ke pasar tersebut. Memori ini demikian kuat hingga Ervan masih mengenang bentuk bangunan pasar.

"Saya kemudian lapor ke pembina saya, pekerja sosial di panti, tentang petunjuk yang saya dapatkan. Kepala panti kemudian meneruskan informasi itu ke dinas sosial di Solo dan sekitarnya," imbuhnya.

Upaya ini berbuah, tak lama berselang pihak panti mendatangi Ervan dan menyodori sejumlah foto. Ervan pun langsung mengenali foto tersebut sebagai foto keluarganya.

"Ternyata petugas TKSK Sragen mendatangi rumah saya untuk mengecek informasi yang dikirimkan pihak panti. Kemudian mereka mengambil foto, iya bener itu foto mbak Ajeng, ada Mbah Kakung (kakek) ada Mbah Putri (nenek)," paparnya.

Usai kedua belah pihak mengkonfirmasi kebenaran informasi tersebut, Ervan pun bersiap bertemu dengan keluarga yang telah 11 tahun ditinggalkannya. Sekitar tiga pekan persiapan administrasi, Ervan pun dijemput oleh ayahnya hingga pulang ke Sragen, Selasa siang.



Simak Video "Momen Keluarga Miskin di Sukoharjo Ditawari Rusunawa oleh Bupati"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/fay)