Instagram Ulang Tahun ke-10, Tren Apa Saja yang Pernah Populer?

Instagram Ulang Tahun ke-10, Tren Apa Saja yang Pernah Populer?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 06 Okt 2020 21:43 WIB
Instagram satu dekade
Instagram Ulang Tahun ke-10, Apa Saja Tren yang Pernah Populer? (Foto: Instagram)
Jakarta -

Hari ini Instagram genap berusia 10 tahun. Platform berbagi foto ini pertama kali meluncur di App Store pada 6 Oktober 2010. Untuk merayakan ulang tahunnya, Instagram mengusung tema #InstagramSatuDekade dan mengungkap tren dan momen Instagram yang pernah populer di Indonesia.

Country Director Facebook di Indonesia Pieter Lydian mengatakan ulang tahun ke-10 ini menjadi momen untuk kilas balik perjalanan Instagram sebagai platform berbagi, berekspresi dan berbisnis.

"Walau baru satu dekade, walau baru 10 tahun, sudah banyak rekam jejak yang kita hasilkan. Di ulang tahun ke-10 ini, Instagram ingin mengenang kembali apa yang menyenangkan buat kita, bagaimana komunitas Instagram berkembang sejauh ini," kata Pieter dalam konferensi pers virtual, Selasa (6/10/2020).

Data internal Instagram menunjukkan konten meme dan K-Pop adalah konten yang paling menarik perhatian pengguna. Sementara itu, 50% pengguna Instagram di seluruh dunia selalu menonton konten video.

Instagram juga menjadi wadah penggunanya untuk mengikuti challenge internet seperti #10yearschallenge yang ramai di tahun 2019 dan #mannequinchallenge yang populer di tahun 2016.

Tidak hanya itu, Instagram juga menjadi tempat pengguna untuk berbagi hal favoritnya dan momen-momen penting lainnya. Seperti saat Wisata Kota Tua di Jakarta menjadi destinasi wisata yang paling sering di-tag di Indonesia pada tahun 2017.

Instagram juga menjadi tempat penggunanya untuk mengekspresikan dirinya. Misalnya saat pandemi COVID-19, mereka ramai-ramai mengunggah hobi baru yang dijalani menggunakan tagar #dirumahaja. Bahkan tagar tersebut menjadi salah satu tagar dengan pertumbuhan tertinggi selama pandemi.

Ekspresi diri ini juga dilihat dari banyaknya emoji yang dikirimkan lewat pesan atau DM. Data internal Instagram menemukan bahwa setiap harinya pengguna Instagram di seluruh dunia mengirimkan 900 juta emoji lewat DM.

Sedangkan di Indonesia, pengguna banyak menggunakan stiker GIF untuk mengungkapkan rasa cinta dan terima kasih. Beberapa filter Stories juga menjadi favorit pengguna Instagram di Indonesia seperti minimalis, Mono, Orange, Milk.retro, Milk*One, Aquamarine, peach love dan Vienna Sky.

Anak usaha Facebook ini juga telah menjadi pilihan untuk mengembangkan bisnis. Bahkan Instagram juga mendorong munculnya restoran atau tempat wisata Instagrammable yang menjadi tren kekinian.

Instagram juga menjadi tempat bagi anak muda yang ingin membangun bisnis. Hal ini terlihat dari tagar #bisnisanakmuda yang sempat menjadi salah satu tagar yang paling banyak digunakan pada tahun 2018.



Simak Video "Kupas Tuntas Cari Uang Lewat Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)