Alasan Kenapa Zoom Tidak Ada Suaranya, Ini Cara Mengaktifkannya di Android

Alasan Kenapa Zoom Tidak Ada Suaranya, Ini Cara Mengaktifkannya di Android

Tim detikcom - detikInet
Senin, 05 Okt 2020 22:37 WIB
Apa Bahaya Sekolah Via Zoom dan Aplikasi Pelacakan Data?
Alasan Kenapa Zoom Tidak Ada Suaranya, Ini Cara Mengaktifkannya di Android (Foto: DW SoftNews)
Jakarta -

Pada masa pandemi virus Corona, zoom meeting salah satu aplikasi yang diandalkan untuk meeting, mengikuti tugas sekolah, kerja, maupun kuliah. Salah satu kendala yang paling banyak ditemui saat menggunakan aplikasi ini yakni masalah suara.

Saat Zoom meeting, salah satu yang menjadi faktor yang membuat suara tak keluar karena fitur Join Audio tidak diaktifkan secara otomatis. Artinya pengguna setiap akan masuk dalam conference atau video meeting harus tap pilihan 'Join Audio'.

Kalau kamu lupa menekan pilihan 'Join Audio' tersebut akan membuat tidak ada suara yang muncul saat melakukan conference. Agar suara hilang tak terulang, ada baiknya fitur Automatically Join Audio yang terdapat di menu Settings pada aplikasi Zoom diaktifkan.

Sebaliknya jika suara kamu yang terdengar oleh peserta Zoom meeting lain, segera cek pada bagian bawah sebelah kiri zoom meeting. Di sana ada gambar mikrofon. Kamu harus klik unmute mikrofon yang diberi tanda garis warna merah. Tanda mute menandakan suara menyala.

Kalau kamu ingin mematikan suara, klik mikrofon dan sampai keluar tulisan unmute. Unmute menandakan suara tidak terdengar. Jika kamu masih tidak terdengar suaranya, berarti host zoom meeting mengunci suara kamu dan peserta zoom lainnya. Jika kamu mau suara kamu terdengar, kirimkan pesan chat ke host zoom meeting.

Perlu diingat, untuk memakai zoom meeting, pastikan kamu telah terhubung dengan audio perangkat seluler. Jika Anda melihat ikon Audio saat zoom, klik dan pilih Call via Device Audio. Jika diminta, izinkan zoom mengakses mikrofon detikers. Lalu pastikan zoom memiliki akses ke mikrofon perangkat kamu.

Untuk iOS: Buka Pengaturan> Privasi> Mikrofon dan aktifkan sakelar untuk zoom.

Untuk Android: Buka Pengaturan> Aplikasi & pemberitahuan> Izin aplikasi> Mikrofon dan aktifkan sakelar untuk Zoom.

Pastikan tidak ada aplikasi lain yang menggunakan mikrofon pada saat yang bersamaan. Mudah bukan?

Bagi yang belum mendownload zoom meeting, aplikasi itu tersedia di AppStore dan Google Play. Lalu klik download atau install.



Simak Video "Detik-detik 3 Penjelajah Luar Angkasa Mendarat di Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)

Berita Terkait

Debat Capres AS