Jualan Ikon iPhone, Desainer Ini Raup Rp 2 Miliar dalam Seminggu

Jualan Ikon iPhone, Desainer Ini Raup Rp 2 Miliar dalam Seminggu

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 03 Okt 2020 19:40 WIB
Desainer raup Rp 2 miliar dalam seminggu berkat jualan ikon iPhone
Jualan Ikon iPhone, Desainer Ini Raup Rp 2 Miliar dalam Seminggu Foto: Traf
Jakarta -

Seorang desainer grafis bisa meraup lebih dari USD 140.000 (Rp 2 miliar) dalam waktu seminggu. Semuanya berawal dari ikon custom iPhone yang ia pamerkan di Twitter.

Desainer yang dikenal dengan nama Traf ini awalnya melihat tren pengguna iPhone yang memamerkan homescreen ponsel mereka yang telah dikustomisasi menggunakan ikon dan widget.

Kustomisasi seperti ini mungkin sudah biasa untuk pengguna Android, tapi pengguna iPhone baru merasakan fitur ini setelah Apple meluncurkan iOS 14 pada bulan lalu.

Tren ini langsung menginspirasi Traf untuk mengunggah screenshot desain homescreen di ponselnya yang menggunakan ikon dan widget monokrom yang minimalis. Begitu diunggah di Twitter, banyak orang langsung tertarik dengan desainnya yang terlihat minimalis dan bersih.

"Setelah itu, orang-orang mulai bertanya tentang ikon di screenshot. Jadi saya dengan cepat mengepaknya," kata Traf dalam blognya seperti dikutip detikINET dari BBC, Sabtu (3/10/2020).

Traf langsung menjual set ikon tersebut di situsnya. Karena tidak ada standar yang mengatur soal harga ikon untuk iPhone, Traf menjualnya dengan harga USD 28 (Rp 416 ribuan). Banyak yang keberatan dengan harganya yang cukup mahal, tapi banyak juga yang langsung membelinya tanpa pikir panjang.

"Saya tahu saat saya bangun tidur sehari setelah mengunggah ikonku untuk dijual bahwa mereka akan laris, karena saya menghasilkan banyak uang saat masih tidur," kata Traf.

Hanya beberapa hari setelah menjual ikonnya, Traf sudah berhasil meraup USD 6.000. Pundi-pundi uangnya semakin bertambah setelah YouTuber Marquees Brownlee alias MKBHD memamerkan ikon buatan Traf di salah satu videonya.

Traf kini sudah mendapatkan lebih dari USD 140.000 setelah menjual ikonnya kepada lebih dari 5.000 orang. Ia mengatakan ini adalah hasil yang tidak bisa dibayangkan.

Kepada orang-orang yang ingin meniru kesuksesannya, Traf menyarankan agar mereka tidak sekedar mengikuti tren. Karena sebelum sukses seperti sekarang, pria asal San Fransisco, AS ini menghabiskan tujuh tahun merancang ikon-ikon untuk iPhone yang telah di-jailbreak.

"Jika saya melakukan ini secara khusus untuk mendapatkan uang, saya yakin ini tidak akan berhasil seperti ini," kata Traf.

"Tetap lakukan apa yang kalian senangi, bagikan itu dengan dunia, dan biarkan internet melakukan sisanya," pungkasnya.



Simak Video "Bocoran Rumor soal iPhone 14"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)