Drama Google Tumbang, Siswa Bingung, Ortu Pusing

Drama Google Tumbang, Siswa Bingung, Ortu Pusing

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 25 Sep 2020 11:30 WIB
MOSCOW, RUSSIA - MARCH 20, 2020: Recording an online lecture for students of the Russian University of Transport. The universitys rector Alexander Klimov ordered to shift the secondary vocational education programs to online learning amid the COVID-19 coronavirus pandemic, starting from March 23, 2020. Sergei Savostyanov/TASS (Photo by Sergei SavostyanovTASS via Getty Images)
Drama Google Tumbang, Siswa Bingung, Ortu Pusing (Foto: pool)
Jakarta -

Pagi tadi, layanan Google tumbang dan mengganggu aktivitas belajar online. Anak sekolah bingung, orang tua pun pusing.

Mungkin Anda yang termasuk mengalaminya. Namun Anda tidak sendirian, ada banyak siswa dan orangtua mengeluhkan Google Meet, Google Classroom, Google Drive yang tidak bisa diakses.

Salah satunya Desti Fitriani dengan 2 anak kelas 1 dan 3 SD di Depok. Hari ini adalah jadwal UTS dan mereka kesulitan mengakses Google Classroom.

"Dicoba sampai beberapa kali dan mental terus. Anak-anak juga bingung dan bertanya 'Mama ini kenapa?'," kata Desti kepada detikINET, Jumat (25/9/2020).

Menurut dia, pada orangtua di grup WhatsApp sekolah juga mengeluhkan dan mempertanyakan masalah yang sama. Mereka tidak bisa buka Google Classroom dari smartphone, lalu ada yang pindah ke laptop. Itu pun tidak semua berhasil.

"Akhirnya setelah beberapa kali dicoba bisa juga akhirnya, duh mana lagi musim UTS sekarang," kata dia.

Hal yang sama diceritakan orangtua murid lain bernama Dadan dengan anak kelas 6 SD di Tangerang Selatan. Anaknya dan para siswa lain tidak bisa mengakes Google Classroom pagi tadi dan terpaksa pindah ke WhatsApp.

"Padahal ini lagi jam UTS. Satu sekolah ramai, gurunya bingung, kalau muridnya hore-hore. Google-nya lagi lelah ya?" ujarnya.

Berdasarkan laporan di situs DownDetector, layanan Google terlihat down di Indonesia, Singapura, Amerika Serikat, Australia, Jepang dan beberapa negara Amerika Selatan. DownDetector mencatat keluhan tentang tumbangnya layanan Google mulai terlihat pada pukul 07.48 WIB pagi ini, memuncak pada pukul 08.03 WIB, dan saat ini mulai turun.

Apakah Anda mengalami hal serupa tadi pagi, detikers? Yuk berbagi cerita di kolom komentar



Simak Video "Batal Dibatasi 1 Jam, Video Call Google Meet Masih Gratis 24 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)