Lewat TikTok, Artis Indonesia Bisa Go International

Lewat TikTok, Artis Indonesia Bisa Go International

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 17 Sep 2020 17:13 WIB
Lagu Lathi
Lathi dari Weird Genius (Foto: YouTube)
Jakarta -

Jika selama ini orang melihat TikTok sebagai aplikasi melepas penat saja, ternyata aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan bakat. Sebutlah Weird Genius sampai Francis Karel, mereka berhasil dikenal oleh netizen mancanegara dan semua berawal dari video TikTok.

Adib Hidayat pengamat musik mengatakan dalam acara media briefing '#SamaSamaDariTikTok', yang merupakan acara merayakan ulang tahun ke-3 TikTok, bahwa aplikasi besutan ByteDance ini memiliki kekuatan yang luar biasa dalam memajukan industri musik.

"Ada Francis Karel, dia memang sudah bikin lagu di LA, sampai akhirnya dia bikin video yang sampai di-share Meghan Trainor. TikTok ini bisa menjadi jembatan untuk memberitahukan bakat, TikTok sangat menarik," akunya.

Tak diragukan, TikTok dapat menjadi medium baru untuk musisi di seluruh dunia dalam berinteraksi, melakukan promosi, berkreasi sampai akhirnya berkolaborasi. TikTok pun bisa menjadi terobosan sehingga karya musisi bisa dinikmati tanpa batasan usia lagu itu sendiri.

"Tidak penting lagi ini lagu baru atau lama kayak Reza Artamevia, 'Bagaikan Langit' dari band Potret di 1999 yang populer di 00'an, uniknya ini menjadi tanpa batas," masih kata Adib.

Adib menambahkan masyarakat pun selama pandemi menjadi semakin kreatif, begitu juga para musisi. Ia mengambil contoh Marion Jola yang berinteraksi dengan fans melalui TikTok. Ini bisa dimanfaatkan oleh banyak artis lainnya yang saat ini aktivitas manggungnya dibatasi karena pandemi.

Lebih lanjut, ia mengharapkan dengan adanya TikTok ini bisa menjadi jembatan musisi di Indonesia untuk go international dan berkolaborasi dengan artis manca negara. 'Lathi' adalah salah satu contoh kesuksesan yang membuat musik Indonesia disukai bukan hanya pemuda Tanah Air melainkan juga sahabat dari negeri seberang.



Simak Video "Lathi Challenge Versi Didik Nini Thowok Banjir Pujian Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)