5 Perlengkapan Karya UMKM Ini Bantu Buat Konten Kreatif Saat #DiRumahAja

5 Perlengkapan Karya UMKM Ini Bantu Buat Konten Kreatif Saat #DiRumahAja

Nurcholis Ma'arif - detikInet
Rabu, 16 Sep 2020 18:02 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Pandemi yang menyebabkan kebijakan pembatasan sosial membuat terbatasnya ruang gerak masyarakat. Namun, kreativitas tetap tak boleh terhalang meski kebanyakan aktivitas kini lebih banyak dilakukan #DiRumahAja.

Sebab banyak kok cara mengeksplorasi dan menemukan beragam aktivitas seru dan kreatif serta cukup dilakukan dari rumah, misalnya membuat konten kreatif dan menarik yang selanjutnya bisa diunggah ke media sosial.

Nah, buat mendukung bikin konten kreatif tersebut, ada baiknya kamu siapkan terlebih dulu lima perlengkapan penunjang ini.

1. Tongsis atau Tripod

Penggunaan tongsis atau tripod dapat membantu proses pengambilan konten, terutama video, lebih stabil dan mudah tanpa harus memegang gadget. Sebelum membeli, sebaiknya perhatikan keterangan yang tertera pada deskripsi produk agar ukuran dan spesifikasi lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa menjajal produk tongsis atau tripod berkualitas buatan pegiat usaha lokal, Midio. Produk ini dapat mudah ditemukan kok lewat Tokopedia.

2. Ring Light

Dengan kualitas cahaya seperti di studio yang terang dan merata, ring light menjadi salah satu andalan para kreator konten untuk menghasilkan konten yang terlihat lebih profesional. INBEX Official Store merupakan salah satu pegiat usaha lokal di Tokopedia yang menyediakan beragam jenis ring light berkualitas dan bisa menjadi pilihan.

3. Earphone Bluetooth

Selama merekam video, sebaiknya gunakan earphone tanpa kabel atau earphone bluetooth. Ini dapat membantu mendengar suara yang tetap jernih tanpa harus berdekatan dengan gadget.

Kini sudah terdapat banyak merek lokal yang menghasilkan produk earphone berkualitas dan terjangkau, seperti VYATTA Indonesia yang dapat ditemukan di Tokopedia. Data internal Tokopedia bahkan menyebut earphone menjadi salah satu produk di kategori Elektronik yang paling dicari masyarakat selama pandemi.


4. Dekorasi Kamar
Dengan memanfaatkan kamar sebagai panggung pembuatan konten, maka sebaiknya tambahkan dekorasi untuk mengubah suasana kamar menjadi spot yang lebih menarik.

Berbagai produk dekorasi kamar buatan UMKM lokal, seperti produk anyaman benang 'makrame' dari Dewa Collection Bali, menjadi salah satu produk populer belakangan ini. Terlihat dari lonjakan pesanan Dewa Collection Bali yang menjadi lebih dari 5x lipat selama pandemi.

5. Outfit dan Make Up
Konten OOTD dan tutorial make up kini sangat digemari masyarakat. Selain untuk menginspirasi, platform digital juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung produk fesyen dan make up buatan pegiat usaha lokal.

Masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk fesyen lokal, seperti Smitten By Pattern dan Bluesville. Di sisi lain, BLP Beauty dan SASC merupakan contoh merek lokal dari kategori Kecantikan di Tokopedia.

Selain menunjang buat bikin konten kreatif selama pandemi, kelima perlengkapan itu juga mudah didapatkan, misalnya lewat Tokopedia. Apalagi pembelian secara online menjadi pilihan terbaik saat ini guna menghindari penyebaran virus.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengungkapkan Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia selalu berupaya mempermudah masyarakat, termasuk anak muda, dalam menciptakan peluang dan mendapatkan lebih dengan salah satunya menyalurkan kreativitas melalui platform digital.

"Teknologi kini memungkinkan siapa saja menjadi kreator konten. Berbagai produk buatan lokal untuk menunjang kreativitas para kreator konten bisa ditemukan di Tokopedia," ujar Ekhel dalam keterangan tertulis, Rabu (16/9/2020).

"Upaya ini juga bisa mendukung para pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM, bertahan di tengah pandemi," jelas Ekhel.

(mul/mpr)