Viral Video TikTok Pertanyakan Apa Aljabar Benar-benar Berguna

Viral Video TikTok Pertanyakan Apa Aljabar Benar-benar Berguna

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 13 Sep 2020 15:34 WIB
Ilustrasi matematika atau kalkulus
Ilustrasi matematika. Foto: Getty Images/iStockphoto/jittawit.21
Jakarta -

Viral sebuah video di TikTok yang mempertanyakan fungsi dari Algebra alias Aljabar. Netizen pun menjadi bingung dengan pertanyaan yang dilontarkan wanita ini.

"Bagaimana kamu datang dengan pemikiran aljabar? Mengapa kita butuh itu? Kita tidak butuh itu, makanya aku bicara begini," kata pemilik akun TikTok @gracie.ham sembari mengenakan riasan. Klik videonya di SINI.

Setelah video itu ia unggah, ia tak menyangka videonya menjadi viral karena banyak orang yang mencemoohnya dan menganggapnya tidak belajar dengan baik. Ia kemudian mengupload satu video lagi untuk memperkuat pertanyaan sebelumnya.

"Profesor matematikaku juga bilang kalau matematika tidak nyata," kata @pasgetti.

"Aku punya percakapan yang sama dengan diriku sendiri," sahut yang lain.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa aljabar dibutuhkan untuk mereka yang bekerja di bidang arsitektur. Well, ada yang berprofesi sebagai arsitek di sini?

Mengutip Wonderpolis, aljabar adalah studi tentang simbol matematika dan menjadi membentuk dasar untuk studi lanjutan di banyak bidang, termasuk matematika, sains, teknik, kedokteran, dan ekonomi.

Dalam bentuknya yang paling sederhana, aljabar melibatkan penggunaan persamaan untuk menemukan yang tidak diketahui. Subjek ini berasal dari 4.000 tahun yang lalu oleh orang Babilonia kuno.

Aljabar menjadi jauh lebih rumit daripada persamaan sederhana itu. Hal ini membuat banyak siswa mempertanyakan 'apakah itu ada gunanya? Jika tidak, mengapa harus mempelajarinya?!'

Sebagai permulaan, aljabar adalah dasar untuk kelas lain. Itu berarti kamu akan menerapkan apa yang kamu pelajari dalam aljabar di seluruh sekolah. Mempelajari aljabar membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Itu termasuk pemecahan masalah, logika, pola, dan penalaran. Kamu pun mungkin masih akan menggunakan aljabar tanpa menyadarinya!

Pertimbangkan contoh berikut:

Saatnya mengisi tangki bensin mobil. Harga gas per galon adalah USD 3 dan kamu hanya memiliki USD 25 untuk dibelanjakan. Berapa banyak bensin yang bisa kamu beli? Ini dapat dijawab dengan persamaan aljabar, '3x = 25'.

Kamu pun harus membagi setiap sisi persamaan dengan 3 untuk memisahkan x. Dalam persamaan ini, x sama dengan 25 dibagi 3, yaitu 8,33 galon gas. Jika kamu membutuhkan 10 galon bensin, berapa banyak uang yang dibutuhkan? Saat kamu menyelesaikan persamaan itu, say thank you to Aljabar!

Oke, perdebatan cukup sampai di situ dan biarkan kalian yang akan membahasnya lebih lanjut di kolom komentar -- jika memang kamu bisa menjawab pertanyaan dari Gracie Cunningham.



Simak Video "Viral Tahanan di Parepare Main TikTok di Sel, Ini Kata Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)