Bos Toko Online Tuai Kritik Gegara Punya Ribuan Triliun

Bos Toko Online Tuai Kritik Gegara Punya Ribuan Triliun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 12 Sep 2020 06:00 WIB
Jeff Bezos 200 Miliar
Jeff Bezos. Foto: Instagram
Seattle -

Jeff Bezos tak tergoyahkan sebagai orang terkaya di Amerika Serikat ataupun dunia. Untuk tiga tahun berturut-turut sampai 2020 ini, ia jadi pemuncak Forbes 400, daftar tahunan manusia paling berharta di Negeri Paman Sam. Status itu membuat sang bos Amazon jadi sasaran kritik.

Menurut Forbes 400, total kekayaan Bezos saat ini mencapai USD 179 miliar atau sekitar Rp 2.600 triliun. Karena berdasarkan pergerakan saham, jumlah itu dapat berfluktuasi. Beberapa waktu silam, Bezos bahkan menjadi manusia pertama dengan kekayaan tembus USD 200 miliar.

Hartanya melonjak selama pandemi Corona seiring banyak orang lockdown dan membuat Amazon laris manis. Di sisi lain, karyawan Amazon terutama di bagian gudang disebut dibayar kurang layak. Kritik buat Bezos antara lain datang dari senator Bernie Sanders.

"Saat Amazon menaikkan harga masker, sabun, kertas toilet, Jeff Bezos jadi USD 88 miliar lebih kaya dan terus menolak cuti sakit karyawan dan bayaran kurang. Itu tidak bermoral. Mereka tidak seharusnya meraup untung saat pandemi," cuit Sanders.

"Jeff Bezos bisa memberi bonus USD 105 ribu pada tiap karyawan Amazon dan dia tetap akan sama kaya seperti di bulan Januari. Itulah seberapa banyak harta yang ia dapat selama pandemi, ketika 500 juta orang jadi miskin," cuit jurnalis King Kaufman.

Belum lagi ia dikenal tak terlalu banyak beramal. "Kenapa Bezos tidak melakukan sesuatu yang keren padahal punya begitu banyak dolar, misalnya saja mengakhiri kelaparan dunia atau sejenisnya," tulis seorang netizen.

"Begitu banyak uang yang dimiliki Bezos sehingga mantan istrinya, MacKenzie Scott jadi wanita terkaya di dunia dengan bagiannya saat bercerai. MacKenzie sudah mendonasikan USD 1,7 miliar, lebih banyak dari yang disumbangkan Bezos," tulis yang lain.

Dalam daftar terbaru Forbes 500, mengekor Jeff Bezos adalah pendiri Microsoft Bill Gates berada di posisi kedua. Dia memiliki kekayaan sebesar USD 111 miliar. Kemudian, posisi ketiga ada bos Facebook Mark Zuckerberg dengan kekayaan USD 85 miliar.



Simak Video "Saham Tesla Melejit, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Keempat Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)