Ini Pertanda Bill Gates Tak Suka Elon Musk dan Tesla

Ini Pertanda Bill Gates Tak Suka Elon Musk dan Tesla

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 09 Sep 2020 07:03 WIB
LAS VEGAS - JANUARY 8:  Microsoft Chairman Bill Gates delivers the keynote address to kick off the 2003 International Consumer Electronics Show (CES) on January 8, 2003 in Las Vegas, Nevada.  The show, which opens on Thursday, is expected to draw over 100,000 people to see the latest in consumer electronics.  (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Bill Gates. Foto: Getty Images
Jakarta -

Relasi antara Bill Gates dan Elon Musk tampak tak terlalu akrab. Pertanda terbaru, blog sang pendiri Microsoft yang membahas soal kendaraan listrik sama sekali tak menyinggung Musk ataupun perusahaannya, Tesla. Padahal bisnis Tesla sedang amat moncer belakangan ini.

Tulisan anyar di blog Gates membahas tentang bagaimana manusia dapat menggunakan sarana transportasi tanpa memperburuk perubahan iklim. Salah satunya tentu dengan mobil listrik yang sekarang mulai menjamur. Anehnya, Gates sama sekali tak menyebut nama Tesla.

"Kita membuat banyak kemajuan di kendaraan listrik. Kalian bisa pergi dan beli sekarang jika mau. Baterai yang mendayai harganya turun 85% sejak 2010, sehingga lebih murah. Kompetisi di pasar berarti lebih banyak pilihan tersedia bagi konsumen ketimbang sebelumnya, dari sedan kompak sampai mobil sport," tulis Gates.

"Kalian bahkan akan bisa membeli pick up listrik segera berkat perusahaan seperti GM dan Ford, serta produsen mobil baru semacam Rivian dan Bollinger," tambah dia.

Padahal, pick up listrik yang paling banyak dibicarakan adalah Tesla Cybertruck yang diperkenalkan Musk beberapa waktu silam. Bentuknya yang futuristik serta tahan peluru membuatnya jadi pusat perhatian dan berpotensi laris manis nantinya.

Tak hanya itu, Bill Gates juga seakan mengkritik rencana peluncuran truk listrik Tesla. Musk kabarnya sudah berancang-ancang memperkenalkan truk Tesla bernama Semi yang ditujukan untuk perjalanan jangka panjang.

"Masalahnya, baterainya besar dan berat. Bahkan dengan terobosan teknologi baterai, kendaraan listrik mungkin bukan solusi praktis untuk truk panjang, kapal kargo atau pesawat penumpang," tulisnya.

"Listrik bekerja saat kalian perlu pergi dalam jarak pendek, tapi kita perlu solusi berbeda untuk kendaraan berat dan menempuh perjalanan panjang," sebut Gates, sembari mengusulkan truk atau sejenisnya memakai bahan bakar biofuel.

Sebelumnya, Bill Gates mengaku tidak memakai Tesla dalam wawancara dengan YouTuber Marques Brownlee. Awalnya, dia puji Tesla. "Jika kamu harus menyebut satu perusahaan yang membantu mendorong upaya emisi yang lebih rendah, maka itu adalah mereka," cetus langganan orang terkaya dunia itu.

Namun kemudian, dia mengaku tidak membeli Tesla melainkan Porsche Taycan yang disebutnya sangat keren. Elon Musk pun tak tinggal diam. Ia membalas sebuah tweet yang menyatakan banyak orang mengagumi Bill Gates lantaran ia orang yang sangat pintar. Tapi Musk tak sependapat.

"Pembicaraanku dengan Bill Gates mengecewakan, jujur saja," begitu kicau pemilik Tesla dan SpaceX ini ketika itu.



Simak Video "Ayah Bill Gates Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)