Bibit Tanaman Misterius dari China 'Teror' Amerika

Bibit Tanaman Misterius dari China 'Teror' Amerika

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 07 Sep 2020 19:35 WIB
bibit tanaman
Ilustrasi bibit tanaman. Foto: shutterstock
Seattle -

Ribuan warga Amerika Serikat melaporkan bahwa mereka menerima paket bibit tanaman misterius yang kebanyakan berasal dari China, padahal mereka merasa sama sekali tidak membeli atau juga memintanya. Peristiwa ini cukup bikin kehebohan sehingga memaksa raksasa toko online Amazon bertindak.

Amazon menyatakan telah memberlakukan larangan penjualan bibit tanaman yang tidak berasal dari Amerika Serikat. "Ke depannya, kami hanya akan mengizinkan penjualan bibit oleh penjual yang berbasis di Amerika Serikat," sebut Amazon seperti dikutip detikINET dari Reuters.

Tidak cuma itu, penjualan di AS tetap tidak diperbolehkan seandainya tidak melibatkan warga negara AS. Jika aturan bersangkutan tidak dipatuhi, maka penjual akan dilarang untuk meneruskan bisnis mereka di Amazon.

Kementerian Pertanian AS pada bulan Juli silam mengidentifikasi bahwa bibit tersebut terdiri dari berbagai macam jenis tanaman, termasuk mawar, lavender dan mint. Walau tampaknya tidak berbahaya, mereka memperingatkan agar wara AS tidak menanamnya karena selalu ada kemungkinan mengganggu ekosistem lokal atau mengandung penyakit.

Pengiriman bibit tanaman misterius asal China semacam ini juga melanda negara lain seperti Inggris. Sejauh ini, motifnya kemungkinan untuk menaikkan rating penjual di toko online dengan menebar paket gratis.

Merebaknya pengiriman bibit ini memaksa berbagai otoritas menginvestigasinya. Kementerian Pertanian AS mengatakan mereka telah bekerja sama dengan China untuk menghentikan pengiriman bibit semacam itu. Belum jelas siapa pihak-pihak yang mengirimkannya dari China.

Secara total, lebih dari 8.507 paket berisi tanaman misterius telah dikumpulkan sebagai barang bukti, yang berasal dari seluruh negara bagian AS. Dari situ, sebanyak 321 spesies tanaman yang berbeda telah diidentifikasi.

Sejauh ini, otoritas menyatakan belum ada masalah besar yang ditimbulkan oleh bibit-bibit tanaman tersebut. Akan tetapi mereka tetap bersiaga dan mengumumkan agar warga juga waspada.



Simak Video "Soal Lobster, Susi Pudjiastuti: Tangkap Emaknya, Jangan Bibitnya"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)