Tak Hanya Kejar Untung, Mola TV: Kita Bawa Nilai Sosial

Tak Hanya Kejar Untung, Mola TV: Kita Bawa Nilai Sosial

Inkana Putri - detikInet
Senin, 31 Agu 2020 21:00 WIB
Mola TV
Foto: Dok. Mola TV
Jakarta -

Mola TV berusaha menghadirkan program-program yang bisa memperkaya masyarakat Indonesia. Melalui beberapa programnya, Mola menyajikan kembali budaya Indonesia dengan konsep yang lebih menarik.

Perwakilan Mola TV Mirwan Suwarso mengatakan Mola TV memiliki visi dan misi yang berbeda dengan TV lokal atau platform OTT lainnya yang lebih dominan untuk tujuan komersil.

"Karena kita nggak sekadar menghadirkan hiburan, dan berjualan cari uang, (untuk) komersil. Tapi nilai sosial yang kita bawa dan kita emban itu untuk memperkaya kemampuan dan wawasan orang Indonesia, bagaimana eksistensi kita bisa membantu orang Indonesia sendiri," ujar Mirwan saat kepada detikINET.

Mirwan menjelaskan saat ini terdapat satu program khusus yang sengaja dibuat sesuai dengan misi Mola TV, yakni Garuda Select. Ia mengatakan jika dilihat secara komersial program ini bukan program yang menguntungkan. Namun, program ini memberikan keuntungan lain bagi masyarakat Indonesia.

"Kalau secara komersil, itu bukan program yang dibilang orang itu mencari keuntungan . Ada satu program yang kita buat untuk misi, ada satu lagi untuk cari duit. Garuda Select adalah sebuah bakti untuk negara. Jika dilihat secara rating, Garuda Select ratingnya tinggi dibanding yang lain karena orang Indonesia bangga melihat putra-putra Indonesia bisa ngeliat putra-putra Indonesia berprestasi di luar negeri," katanya.

Mola TVMola TV Foto: Dok. Mola TV

Lebih lanjut Mirwan menjelaskan, Garuda Select sendiri dihadirkan khusus untuk menginspirasi generasi muda Indonesia. Melalui program ini, masyarakat bisa melihat bagaimana kegiatan 24 pemain bola terbaik Indonesia di Eropa serta aksi mereka bertanding melawan klub-klub papan atas seperti, Juventus, Inter Milan, Chelsea dan lainnya.

"Kita berharap ini bisa menggugah atau melahirkan inspirasi bagi anak-anak Indonesia kalau sepak bola ditekuni bisa jadi profesi yang menjanjikan, bisa membawa mereka untuk bermain di Eropa. Menurut kita, itu mengembalikan nasionalisme dan kebanggaan kepada Indonesia, memupuk kembali rasa percaya anak-anak Indonesia," katanya.

Tak hanya lewat program Garuda Select, baru-baru ini Mola TV juga menghadirkan program baru Sofa Kuning yang memperkenalkan budaya Indonesia melalui lagu. Adapun program ini dibuat karena melihat anak-anak dan generasi mudah banyak yang telah melupakan budaya Indonesia. Sofa Kuning menjadi perwujudan misi mola untuk mengembalikan nasionalisme pada anak sejak dini.

Mola TVMola TV Foto: Dok. Mola TV

"Sekarang kita sudah meluncurkan minggu lalu program acara Sofa Kuning. Program dengan konsep karaoke campur animasi dan live quiz, di mana kita mengajak anak-anak dan keluarga untuk nonton acara sambil mengenal kembali lagu-lagu anak Indonesia yang kalah sama lagu-lagu internasional, seperti Baby Shark," paparnya.

Untuk menarik perhatian masyarakat, Mola TV memiliki cara yang berbeda yakni dengan memberikan berbagai macam hadiah. Adapun hadiah ini dibagikan sebagai bentuk apresiasi bagi mereka yang berpartisipasi melalui kuis atau challenge yang dihadirkan Mola TV.

"Sementara program Sofa Kuning kita mengajak orang untuk mengenal kembali lagu Indonesia, kita kasih untuk mereka yang ikut partisipasi hampir Rp 300 juta per minggu hadiah yang bisa dimenangkan," pungkasnya.

Tak hanya program Garuda Challenge dan Sofa Kuning, Mola TV juga memiliki berbagai macam program lain bagi anak-anak, yakni seperti Backyard Science, Kitchen Science, Artzooka, Art Ninja. Di sisi lain, Mola TV juga memiliki konten yang menginspirasi seperti, We Got Game, Blusukan Butet Kartaredjasa, Life in Minor Keys, dan lainnya.

(prf/ega)