Nadiem Siapkan Subsidi Kuota 50 GB, Ini Peran Kominfo

Nadiem Siapkan Subsidi Kuota 50 GB, Ini Peran Kominfo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 28 Agu 2020 07:24 WIB
Siswa sekolah dasar dan menengah belajar daring di Masjid Al Ikhlas, Jl Kucica, Sektor 9, Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (13/8/2020). Belajar online di masjid dilakukan karena pengurus masjid memberikan fasilitas WiFi gratis untuk belajar.
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjanjikan subsidi kuota internet 35 GB untuk siswa dan mahasiswa sebesar 50 GB. Wacana Nadiem soal subsidi kuota internet itu pun ditanggapi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate.

Johnny menuturkan bahwa berdasarkan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Layanan Umum (BLU) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur TIK, khususnya akses internet di wilayah 3T.

Sementara itu, lanjut Johnny, operator seluler mencakupi area komersial melalui pembiayaan capital expenditure (capex) dan operating expenditure (opex) infrastruktur TIK.

"Bagus bahwa Kemendikbud akhirnya dapat meluncurkan program subsidi pulsa bagi siswa, mahasiswa, dan para pendidik," ujar Johnny saat dihubungi detikINET, Kamis (27/8/2020).

"Kami tentu mendukung karena memang sebelumnya sudah dibicarakan bersama-sama di antara Kemendikbud, Kominfo, Kementerian Keuangan, Bapenas, dan Kementerian BUMN. Selanjutnya, secara teknis penyalurannya silahkan dikomunikasikan dengan Kemendikbud," sambungnya.

Menkominfo menjelaskan subsidi pulsa untuk kebutuhan belajar online bagi para siswa, mahasiswa, dan tenaga pendidik akan disediakan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kemendikbud.

"Dan disediakan melalui APBN Kementerian Agama untuk pesantren-sekolah di bawah naungan Kementerian Agama," ucap politisi Partai NasDem ini.

Diberitakan sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim akan memberikan subsidi kuota internet untuk siswa, mahasiswa, guru, hingga dosen. Subsidi kuota akan diberikan selama September-Desember 2020.

"Kami sudah mendapat persetujuan untuk anggaran sebesar Rp 9 triliun untuk tahun ini yang akan kami kerahkan untuk pulsa atau kuota data bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen selama 3 sampai 4 bulan ke depan," kata Nadiem dalam raker bersama Komisi X DPR RI, di MPR/DPR RI, Senayan, Kamis (27/8/2020).

Dalam paparan yang ditampilkan saat rapat bersama Komisi X DPR, Nadiem berjanji akan memberikan bantuan anggaran Rp 7,2 triliun untuk subsidi kuota internet kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen.

Rinciannya, setiap bulan siswa akan mendapat 35 GB per bulan, kemudian guru akan mendapat kuota 42 GB per bulan. Sementara dosen dan mahasiswa akan mendapat kuota 50 GB per bulan.

Selain itu, Nadiem telah menyediakan tambahan penerima tunjangan sebesar Rp 1,7 triliun. Dari tunjangan guru, dosen, sampai guru besar.



Simak Video "Hore! Mendikbud Nadiem Siapkan Rp 9 T untuk Pulsa Siswa-Guru-Dosen"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)