Tips Agar Orangtua Tidak Stres Saat Temani Anak Belajar Online

ADVERTISEMENT

Perjuangan Belajar Online

Tips Agar Orangtua Tidak Stres Saat Temani Anak Belajar Online

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 18 Agu 2020 20:11 WIB
Anak-anak belajar di Aula Kelurahan Jati Rahayu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (29/7/2020). Pihak kelurahan menyediakan fasilitas ruang belajar ber-AC dan wifi gratis bagi siswa. Tujuannya untuk membantu siswa yang selama ini sulit memenuhi paket kuota internet untuk belajar sekolah.
Tips Agar Orang Tua Tidak Stres Saat Temani Anak Belajar Online (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Belajar online di masa pandemi tidak hanya menantang bagi anak tapi juga orangtua. Apalagi orangtua yang bekerja harus menjalankan beberapa tugas sekaligus untuk memantau anak saat belajar online.

Psikolog Jovita Maria Ferliana mengatakan ada beberapa trik yang bisa dilakukan orangtua agar tidak stress saat menemani anak belajar online. Salah satunya yang paling penting adalah dengan mengenal gaya belajar anak.

"Ini penting banget karena banyak terjadi orangtua sering marah-marah ke anak. Kita sering kali mencetuskan hal-hal yang menurut kita terjadi kalau orangtua nggak punya gaya belajar yang sama dengan anak," kata Jovita dalam webinar Smartfren Community, Selasa (18/8/2020).

Ada empat gaya belajar anak yang harus dipahami yaitu gaya belajar aural, visual, membaca/menulis dan kinestetik. Dengan mengenal gaya belajar anak, orangtua bisa menyesuaikan pendekatannya dalam mengawasi anak saat belajar online.

Kegiatan belajar online juga sebaiknya tidak dilakukan di dalam kamar tidur, dan lebih baik dilakukan di ruang khusus belajar atau ruang tamu. Jovita mengatakan penting bagi anak untuk mengasosiasikan suasana dengan kegunaan tempat.

"Kalau di ruang istirahat atau ruang tidur terus kita pakai buat belajar, screentime, main itu kita tidak melatih asosiasi anak bahwa ruang tidur itu untuk istirahat," kata Jovita.

Orangtua juga perlu mengatur emosinya agar bisa menghadapi anak dengan sabar meski sibuk dan memiliki banyak masalah. Jovita menyarankan agar orangtua lebih sering melakukan relaksasi sederhana, misalnya dengan menarik dan membuang nafas secara ritmik.

Orangtua juga harus bisa meluangkan waktu untuk mengurus dirinya sendiri, misalnya dengan makan makanan sehat, olahraga atau melakukan hobi. Terakhir, Jovita meminta orangtua agar tidak menanggung bebannya sendiri saat menemani anak belajar online dan berbagi tugas dengan pasangan.

"Ini penting karena kita tidak bisa menjadi orang yang bisa melakukan segala hal. Kalau kita nggak bisa, kita bilang saja sama pasangan aku nggak bisa matematika, nanti kamu aja yang temani kakak," pungkasnya.



Simak Video "Inisiatif Kominfo Bantu Masyarakat Dampingi Anak Belajar Secara Daring"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT