Siswa SMP di Semarang Dapat Kuota Gratis untuk Belajar Online

Perjuangan Belajar Online

Siswa SMP di Semarang Dapat Kuota Gratis untuk Belajar Online

Angling Adhitya Purbaya - detikInet
Kamis, 13 Agu 2020 18:59 WIB
Kuota Gratis untuk Belajar Online di Semarang
Siswa SMP di Semarang Dapat Kuota Gratis untuk Belajar Online (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Siswa SMP Negeri di Kota Semarang akan mendapatkan kuota gratis sebesar 4 GB per orang setiap bulan. Hal itu untuk mendukung belajar online.

Untuk tahap awal ada 33.365 siswa di SMP Negeri di Kota Semarang yang akan memperoleh kuota gratis tersebut. Berikutnya adalah untuk siswa yang lain termasuk siswa SD dan siswa di sekolah swasta.

"Saat ini SMP negeri dulu, selanjutnya SMP swasta. Pada minggu ini mudah-mudahan tidak ada persoalan lagi," kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, saat launching kuota gratis di SMPN 5 Semarang, Rabu (12/8/2020).

Paket data yang dibagikan merupakan pembelian Dinas Pendidikan Kota Semarang dari Telkomsel dengan menggunakan dana BOS. Ada potongan harga yaitu yang biasanya Rp 9.000 per GB, paket data untuk siswa ini hanya Rp 3.300 per GB.

"Dengan begitu Insya Allah persoalan kuota disamaratakan dapat, sehingga tidak mengeluh karena tidak punya kuota," jelas pria yang akrab disapa Hendi itu.

Hendi mengakui ada persoalan lain seperti siswa yang terkendala tidak memiliki gadget untuk belajar online. Jika memang terdesak maka kepala sekolah bisa memerintahkan guru untuk mendatangi siswa tersebut.

"Kepala sekolah bisa tugaskan guru untuk datangi siswa. Tapi itu tidak banyak," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Musyawarah Kerja Kepala SMP Kota Semarang Setyo Budi mengatakan nantinya secara keseluruhan siswa SMP sebanyak 65 ribuan siswa dari 183 SMP negeri dan swasta akan memperoleh bantuan kuota internet gratis itu untuk belajar online.

"Untuk siswa dari 44 SMP negeri sebanyak 33.365 siswa, SMP swasta sebanyak 139 sekolah dengan 31.869 siswa," jelas Setyo.



Simak Video "Video Kegigihan Anak Pulau Ikuti Belajar Online Raih Penghargaan"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)