Unik! Drone Ramah Lingkungan Terbuat dari Daun Nanas

Unik! Drone Ramah Lingkungan Terbuat dari Daun Nanas

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 24 Jul 2020 19:00 WIB
drone
Drone Ramah Lingkungan Terbuat dari Daun Nanas. Foto: UPM
Jakarta -

Kebanyakan gagdet kita, menggunakan bahan plastik. Tak perlu diperdebatkan lagi kalau plastik adalah bahan yang tidak ramah lingkungan. Maka, sekelompok ilmuwan terpikir untuk membuat drone berbahan daun nanas.

Dikembangkan oleh para peneliti dari Universiti Putra Malaysia (UPM), drone ini menggunakan bahan daun nanas pada bagian tubuh utama atau rangkanya.

Dikutip dari Ubergizmo, serat alami daun nanas yang menjadi rangka drone disebut tahan listrik sehingga mencegah terjadinya korsleting arus pendek saat dioperasikan.

droneFoto: UPM

Salah satu peneliti, Prof Dr Mohamed Thariq bin Hameed Sultan menyebutkan, salah satu keuntungan menggunakan bahan alami adalah membuat benda memiliki rasio kekuatan yang lebih tinggi berdasarkan berat bila dibandingkan dengan menggunakan bahan sintetis seperti plastik.

droneFoto: UPM

"Bahan-bahan alami juga akan lebih murah dan lebih mudah tersedia, juga dapat terurai secara alami. Artinya dapat dengan mudah dibuang ketika tidak lagi digunakan atau ketika sudah rusak," ujarnya.

Bahan daunnya sendiri dipanen setelah penanaman nanas. Belum diketahui apakah drone berbahan serat daun nanas ini akan lebih tahan lama dibandingkan drone plastik. Namun setidaknya penemuan ini sangat menarik untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai salah satu upaya menyelamatkan lingkungan.



Simak Video "Meriahnya Kontes Drone, Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)