Orang Kampung Juga Butuh Akses Internet Murah

Orang Kampung Juga Butuh Akses Internet Murah

Hakim Ghani - detikInet
Rabu, 22 Jul 2020 13:34 WIB
Internet di Kampung Cilimushideung, Garut
Akses internet di Kampung Cilimushideung, Garut (Hakim Ghani/detikcom)
Garut -

Internet sudah jadi kebutuhan semua orang di masa adaptasi kebiasaan baru. Jangankan di kota, warga kampung juga butuh akses internet murah.

Misalnya saja di Kampung Cilimushideung, Desa Cinunuk, Cibatu, Kabupaten Garut, warga di sana untuk sementara waktu ini mengupayakan akses internet mandiri memakai fiber optik. Hal itu ada alasannya.

"Mau beli kuota mahal, sinyal juga di sini tidak semua bagus, dan kebutuhan internet di sini juga tinggi," kata Budi Hermawan (44) warga Kampung Cilimushideung kepada detikINET, Rabu (22/7/2020).

Kampung mereka berjarak 25 km dari pusat Kabupaten Garut. Untuk saat ini, kebutuhan internet dicoba diupayakan oleh Badan Usaha Milik Kampung (Bumka). Aksesnya diawasi ketat oleh Bumka, sehingga tidak bisa untuk mengakses situs porno.

Keberadaan internet murah ini tentunya dibutuhkan untuk keluarga yang anaknya belajar online, apalagi di kampung dengan jaringan yang tidak sebagus di kota. Namun tentunya pengadaan ini juga tidak boleh menabrak regulasi yang ada.

Budi berharap internet mandiri ini bisa berguna bagi masyarakat di kampungnya, khususnya para pelajar yang kini belajar daring dampak pandemi COVID-19. Kini Budi mengharapkan ada solusi untuk masalah perizinannya.

"Banyak masyarakat yang membutuhkannya. Semoga pemerintah bisa membantu. Karena kalau masalah fasilitas, kita sudah bangun sendiri," tutup Budi.

Sebelumnya, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan Pemda Garut sangat mengapresiasi Budi Hermawan yang menggagas internet murah bagi warga kampung di Cilimushideung yang diresmikan sebagai Kampung Teknologi. Pemkab pun akan mencari titik temu agar sesuai dengan regulasi yang ada.

"Tentu sangat membantu dan meringankan beban orangtua. Saya salut dan takjub, warga di kampung bisa punya internet mandiri. Pemda akan membantu langkah Pak Budi. Saya sudah minta Diskominfo untuk membantu," kata Helmi di kantornya, Senin (20/7) kemarin.



Simak Video "Paket Internet Melancong ke Singapura Mahal, Erajaya Tawarkan Solusi"
[Gambas:Video 20detik]
(bbn/fay)