Link Live Streaming Sidang Isbat dan Jadwal Penentuan Idul Adha 2020

Link Live Streaming Sidang Isbat dan Jadwal Penentuan Idul Adha 2020

Rosmha Widiyani - detikInet
Selasa, 21 Jul 2020 16:57 WIB
Petugas Masjid Al-Musyariin melihat posisi hilal (bulan sabit muda) menggunakan teropong untuk menentukan 1 Ramadhan 1441 H di Jakarta Barat, Kamis (23/4/2020). Berdasarkan pantauan hilal di beberapa daerah, Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1441 H jatuh pada Jumat (24/4/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Link Live Streaming Sidang Isbat dan Jadwal Penentuan Idul Adha 2020 (Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta -

Kementerian Agama atau Kemenag kembali menggelar sidang isbat yang bisa disaksikan melalui link live streaming. Sidang isbat akan diadakan pada Selasa (21/7/2020) untuk menentukan awal Zulhijjah dan pelaksanaan Idul Adha 2020/1441 H.

"Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk melakukan live streaming," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag Agus Salim.

Link live streaming lewat medsos bisa dilihat di Facebook lewat akun Kementerian Agama RI, Instagram Kementerian Agama RI di @kemenag_ri, atau Youtube di channel Kemenag RI. Bagi yang lebih suka memantau sidang isbat lewat Twitter bisa klik di akun @Kemenag_RI.

Sidang isbat akan terbagi dalam tiga tahap. Sesi pertama pada pukul 17.00 WIB adalah pemaparan posisi hilal Awal Zulhijjah 1441 H dari anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Sesi kedua akan dimulai setelah Maghrib dan dipimpin Menag, yang diawali penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 84 titik di seluruh Indonesia. Sesi terakhir adalah pengumuman hasil sidang isbat yang dilakukan secara telekonferensi.

Berikut rangkaian acara sidang isbat:

16.45: paparan posisi hilal awal Zulhijjah 1441H oleh Tim Falakiyah Kemenag

18.29: Sidang Isbat dipimpin Menag. Hadir: unsur DPR, MUI, Wamenag, dan Dirjen Bimas Islam. (tertutup)

19.05: Telekonferensi Pers hasil sidang isbat awal Zulhijjah 1441H

*Disiarkan oleh TVRI (TV Pool) dan Medsos Kemenag

Sidang isbat akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah infeksi virus corona pada lingkungan sekitar. Kemenag sebelumnya menjelaskan, peserta yang menghadiri sidang dibatasi sehingga tidak terlalu banyak.

Undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia atau MUI, serta Komisi VIII DPR RI. Peserta dari unsur pimpinan ormas Islam akan diundang untuk mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan.



Simak Video "Bahagianya Rara LIDA Bisa Berkurban Pertama Kali saat Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)