Ide Solusi Belajar Online Secara Efektif

Ide Solusi Belajar Online Secara Efektif

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 13 Jul 2020 18:51 WIB
Belajar online
Ilustrasi belajar online. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Di situasi transmisi COVID-19, Ruangguru menawarkan cara belajar efektif secara online. Apalagi bagi guru yang menghadapi murid baru di hari pertama sekolah. Apa saja tips tersebut?

Head of K12 Products Ruang Guru, Stephanie Hardjo dalam acara 'Smart School Webinar: Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Efektif dan Anti-Bosan bersama ruangkelas' berbagi tips belajar jarak jauh yang tetap masuk ke dalam otak anak.

"Berangkat dari kendala platform-platform yang terpisah, Ruangguru memberikan solusi bagaimana bisa menyatukan platform supaya tidak belajar berulang-ulang lagi," ujarnya.

Menurutnya masalah beda platform bukanlah salah satu kendala, melakukan pengajaran jarak jauh yang baik dan bisa mengembangkan High Order Thinking (HOT) dan tidak membosankan.

Nah untuk membantu guru, Stephanie memberikan beberapa hal yang harus diperhatikan di awal pembelajaran:

- Cari tahu profil murid dan minat murid
- Ketahui kesibukan orangtua murid
- Sarana prasarana murid dan cara belajar murid

"Apa murid ada HP, kuota bagaimana. Lalu ada beberapa yang PJJ lumayan stres karena anaknya aktif, ini tugas guru mengombinasikan dan mengakomodasi keaktifan anak tersebut," tambahnya.

Dari sini guru bisa menentukan apakah diperlukan full online atau blended-learning. Syukurnya, dua-duanya bisa digunakan di Ruangkelas. Blended-learning sendiri adalah kegiatan yang bisa dilakukan tanpa internet dan melakukan eksperimen.

"Video belajar, website atau tautan file berisi petunjuk misalnya. Jadi murid bisa melakukan eksperimen dan siswa mengikuti petunjuk di situ. Bapak/ibu dituntut bikin file sekreatif mungkin sehingga siswa belajarnya senang," tutupnya. Lebih lanjut, ruangguru juga punya bank materi dan bank soal sendiri sehingga memudahkan guru dan siswa.



Simak Video "Usaha Ruangguru Permudah Pembelajaran Jarak Jauh"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)