Jack Ma Ambil Hikmah di Balik Pandemi Corona

Jack Ma Ambil Hikmah di Balik Pandemi Corona

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 10 Jul 2020 16:56 WIB
Bill Gates Jack Ma
Jack Ma. Foto: Getty Images
Jakarta -

Pandemi Corona amat merugikan baik dari sisi ekonomi maupun kesehatan masyarakat. Namun menurut Jack Ma, ada hikmah di baliknya terkait industri digital.

Pendiri Alibaba itu menyebut pandemi Corona mengakselerasi adopsi artificial intelligence atau kecerdasan buatan serta teknologi digital dalam berbagai industri, termasuk kesehatan dan pertanian.

"Kita umat manusia tidak seharusnya berpikir terlalu tinggi soal diri kita. Banyak hal sulit bagi manusia tapi begitu mudah untuk mesin," katanya dalam karakter hologram, saat berbicara di World Artificial Intelligence Conference (WAIC) di Shanghai.

"Tren besar di teknologi digital tak berubah. Namun apa yang biasanya butuh 30 sampai 50 tahun untuk digitalisasi, sekarang dipercepat antara 10 sampai 20 tahun, perubahan besar sebagai hasil dari pergolakan saat ini," papar Jack Ma, dikutip detikINET dari South China Morning Post.

Krisis kesehatan saat ini memaksa orang untuk berinovasi. Kecerdasan buatan misalnya, digunakan secara efektif untuk membantu dokter membaca scan CT lebih cepat. Sedangkan petani memanfaatkan big data untuk memonitor hasil tanahnya.

Saat pandemi Corona, China mengembangkan mesin dengan algoritma yang 60 kali lebih efisien dibandingkan dokter untuk mendeteksi kasus infeksi Corona. Ma pun berharap agar kerja sama di bidang AI dan solusi teknologi lain terus ditingkatkan.

"Virus tak butuh visa, batas negara tak berarti apa-apa dan seharusnya teknologi tidak dibatasi. Saat ini, akumulasi pengetahuan manusia, kemampuan untuk memproses informasi dan menurunkan risiko lebih powerful dari sebelumnya," cetus Ma.

"Akan tetapi sayangnya, kita kurang bijaksana dan kadang kita tidak menggunakan sumber daya kapabilitas dan pengetahuan untuk meningkatkan komunikasi dan kerja sama, dan kadang kadang kita membuat banyak gap, bahkan memperlebar perbedaan," pungkas Jack Ma.



Simak Video "Jack Ma Bicara Soal Kunci Sukses Lawan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)