Vending Machine di Jepang Pakai Fitur Pengenalan Wajah

Vending Machine di Jepang Pakai Fitur Pengenalan Wajah

Josina - detikInet
Jumat, 10 Jul 2020 13:09 WIB
vending machine jepang
Vending Machine di Jepang Gunakan Fitur Pengenalan Wajah. (Foto: Dok. PR Wire )
Jakarta -

Vending Machine atau mesin penjual otomatis cukup mudah dalam hal penggunaannya. Pengguna cukup masukkan uang ke dalam slot koin atau uang kertas, lalu tekan tombol barang yang diinginkan dan setelah itu sudah bisa mendapatkan produknya yang diinginkan.

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo, di Jepang tampaknya beberapa mesin penjual otomatisnya akan diberikan fitur teknologi dengan sistem pemindai wajah.

Kerjasama dengan DyDo sebuah perusahaan pembuat minuman dan NEC akan membuat mesin penjual otomatis dengan sistem pengenalan wajah Bio-IDion NEC. Konsepnya adalah dengan memindai wajah konsumen, setelah itu dapat melakukan pembayaran tanpa harus menggunakan uang tunai.

Konsumen akan diminta untuk mendaftarkan akun dengan mengirimkan foto dan menautkan kartu kredit, sehingga ketika mesin mengenali wajah konsumen. Vending machine akan secara otomatis membebani kartu atas pembelian konsumen.

Hal ini akan berguna jika Anda tidak memiliki uang tunai dan menginginkan cara pembayaran yang berpotensi lebih cepat.

Perlu dicatat, beberapa mesin penjual otomatis di Jepang sudah menawarkan metode pembayaran alternatif seperti menggunakan kereta.

Melansir dari soranews24 untuk soal keamanan privasi data meski ini menggunakan teknologi pemindaian wajah, konsumen juga harus memasukkan nomor kode empat digit.

Vending machine dengan sistem pengenalan wajah di Jepang sudah mulai digunakan mulai 3 Juli di beberapa kantor dan pabrik DyDo dan NEC sebagai bagian uji coba selama tiga bulan.



Simak Video "Pameran Teknologi Otomotif Terkini, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)