Robot di Jepang Beralih Jadi Cheerleader Pertandingan Bisbol

Robot di Jepang Beralih Jadi Cheerleader Pertandingan Bisbol

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 09 Jul 2020 14:40 WIB
robot cheerleader
Robot di Jepang Beralih Jadi Cheerleader di Pertandingan Baseball Foto: SoftBank Hawks
Jakarta -

Selama pandemi virus Corona, robot-robot di Jepang banyak yang beralih fungsi untuk membantu memerangi penyebaran virus. Kali ini untuk mengisi stadion yang kosong, robot-robot ini malah menjadi cheerleader di pertandingan bisbol.

Karena penggemar baseball di Jepang masih belum bisa menonton langsung di stadion, tim bisbol SoftBank Hawks memiliki cara kreatif untuk menyemangati pemainnya. Tim yang berlaga di Nippon Professional Baseball ini mengerahkan robot Pepper untuk menjadi cheerleader di stadion PayPal Dome.

Dikutip detikINET dari Observer, Kamis (9/7/2020) pada pertandingan melawan Rakuten Eagles yang berlangsung Selasa kemarin, SoftBank Hawks menurunkan skuad cheerleader yang terdiri dari 20 robot humanoid Pepper yang mengenakan seragam tim.

Selain itu ada juga 20 robot Spot buatan Boston Dynamics yang mengenakan topi tim tuan rumah. Puluhan robot ini menyorakkan yel-yel dan menampilkan tarian yang aneh tapi menakjubkan untuk menyemangati tim.

Penggemar bisbol di Jepang dikenal dengan lagu dan yel-yel mereka yang kompak, lengkap dengan banner yang kreatif. Sebagai gantinya, skuad robot ini dilatih untuk menari mengikuti lagu tim SoftBank Hawks yang berjudul "Iza Yuke Wakataka Gundan".



Tidak heran jika robot Pepper menyemangati tim SoftBank Hawks, mengingat robot humanoid ini dikembangkan oleh anak perusahaan SoftBank. Robot ini sudah cukup terkenal di Jepang dan banyak digunakan di hotel dan ritel serta membantu merawat orang berusia lanjut.

Di tengah pandemi COVID-19, Pepper juga dikerahkan pemerintah Jepang untuk mengawasi dan mengingatkan orang-orang agar menggunakan masker. Teknologi pengenalan wajah yang dibenamkan pada robot Pepper membuatnya bisa mengenali orang yang tidak mengenakan masker.

Sedangkan robot mirip anjing yang menemaninya adalah Spot, yang diproduksi oleh Boston Dynamics. Robot ini biasanya digunakan untuk mengawasi area konstruksi dan mengumpulkan data di daerah berbahaya.

Skuad robot cheerleader ini akan terus tampil di stadion PayPal Dome hingga 31 Juli. Sementara itu NPB akan mulai menguji coba untuk mengizinkan penggemar menonton langsung di stadion pada 10 Juli.



Simak Video "Sepak Bola Robot Eros, Surabaya "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)