Dari Awkward Jadi Awkarin, Begini Transformasi Selebgram Karin Novilda

Dari Awkward Jadi Awkarin, Begini Transformasi Selebgram Karin Novilda

Alfi Kholisdinuka - detikInet
Rabu, 08 Jul 2020 20:52 WIB
Smartfren
Foto: Alfi Kholisdinuka
Jakarta -

Menjadi satu di antara influencer Indonesia yang memiliki banyak penggemar, Karin Novilda yang beken dengan nama panggung Awkarin selalu menjadi pusat perhatian pengguna media sosial, terutama Instagram dan YouTube. Namun siapa sangka di balik sosoknya yang penuh kontroversi sejak kemunculannya, ia kini dikenal sebagai sosok yang humanis dengan penuh aksi sosial.

"Sebenarnya kalau mau jawab jujur dulu nggak pernah kepikiran jadi seperti ini. Karena dulu sama orang tua juga dikasih jalannya buat kedokteran, karena keluarga juga banyak di dokter jadi ortu mikirnya aku bakal kedokteran," ujarnya dalam Live Streaming Power Up Talk 'Transforming Limitation Into Strength' bareng Smartfren di detikcom, Rabu (8/7/2020).

"Cuman kalau kepikiran sih enggak, cuman dulu sempat berangan-angan kalau gue terkenal, apa ya nama panggung gue gitu. Itu waktu awal-awal twitter tahun 2000an, terus gue bikin nama yang catchy, yaitu tahu nggak Awkarin sebenarnya apa, itu singkatan jadi Awkward Karin, jadi gue awkward banget ga bisa ngomong depan orang kaya gini," imbuhnya.

Awkarin pun bercerita setiap orang termasuk dirinya memiliki keterbatasan yang tidak bisa disangkal, namun bukan berarti orang harus pasrah menerima keadaan. Orang bisa berubah dan bangkit menjadikan kelebihan tergantung kemauannya itu sendiri, misal dirinya mengekspresikannya lewat media sosial.

"Sebenarnya apa yang gue lakuin sering orang lakuin juga cuman mungkin enggak di share aja. Dari situ gue belajar berarti kita boleh berekspresi di media sosial cuman ada batasannya, karena enggak semua orang sependapat dengan kita," ungkapnya.

Awkarin diketahui mulai dikenal publik pada tahun 2016 berkat sepak terjangnya sebagai selebriti di Instagram. Namun kemunculannya banyak dicibir karena sering kali menimbulkan kontroversi di dunia maya, seperti gaya pacarannya yang kontroversial.

Tidak cuma itu, pada tahun 2016 ia pernah menyanyikan lagu Indonesia Raya yang liriknya diganti dengan kata alat kelamin. Selain itu, pada pertengahan tahun 2018 Awkarin kembali dihujat netizen karena mempromosikan obat pembesar payudara yang rupanya ilegal.

Kemudian pada Oktober 2018, Awkarin sempat pamit dari Instagram selama beberapa hari. Ia mengaku beristirahat dari Instagram untuk menjalankan hidup yang normal dan ingin lepas dari candu bermain media sosial, hal ini juga dilakukannya untuk mengobati kesehatan mentalnya.

Saat 'pensiun' dari Instagram tersebut, Awkarin kemudian kembali dan terlihat menjadi sosok baru yang menginspirasi anak-anak muda. Saat itu ia kembali muncul untuk membantu korban gempa Palu dan Donggala.

Awkarin juga sosok yang memotivasi, ia bahkan pernah turun langsung untuk membantu memadamkan asap di Riau, #bersamamelawanasap pada beberapa tahun lalu.

Pada 2019 pun dia ikut memberikan semangat untuk para mahasiswa yang berdemo di DPR mendukung Aksi Reformasi Dikorupsi. Dia bersama dengan timnya membawakan 3000 nasi kotak. Tak heran ia kini menjadi sosok yang dipuji.

Awkarin pun menjelaskan cara untuk menutupi kekurangan kita adalah dengan mengenali diri kita lebih dalam. Sehingga dirinya bisa memanfaatkan kekurangan tersebut untuk menjadi kelebihannya.

"Kalau dari aku sebenarnya mau kita jalan kemanapun pasti ada saja orang yang nggak sependapat sama kita mau lho siapa orang gak suka aja, kadang ada seperti itu, dan menurut aku dari kritik atau pendapat nggak sukanya mereka kita ambil, dan dijadiin masukan untuk diri sendiri," jelasnya.

Sebagai informasi, POWER UP Talks sendiri merupakan upaya Smartfren untuk mengampanyekan #PowerUpPossibilities yang bertujuan menginisiasi para kaum muda untuk tetap optimis, inventif, enerjik, dan visioner dalam menjalani passion dan mewujudkannya menjadi hal nyata yang bermanfaat bukan hanya bagi diri sendiri dan orang lain.



Simak Video "smartfren POWER UP Talks - Karin Novilda Ubah Keterbatasan Menjadi Kelebihan"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)