Telkom dan Netflix Akur, Lanskap Bisnis Nonton Sudah Berubah

Telkom dan Netflix Akur, Lanskap Bisnis Nonton Sudah Berubah

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 08 Jul 2020 11:06 WIB
Netflix
Telkom dan Netflix Akur, Lanskap Bisnis Nonton Sudah Berubah (Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto)
Jakarta -

Netflix akhirnya bisa menembus dan bisa diakses melalui jaringan Telkom, yakni di IndiHome hingga Telkomsel. Menurut pengamat telekomunikasi, layanan video streaming sudah menjadi kebutuhan masyarakat digital.

Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengatakan, lanskap bisnis menonton memang sudah berubah. Hal itu terjadi ketika kehadiran YouTube, yang kemudian disusul Netflix.

"Dengan (pandemi) COVID-19, perubahan makin besar dan ada pergeseran signifikan dari nonton di bioskop ke gadget," ujarnya saat dihubungi detikINET, Rabu (8/7/2020).

Di samping itu, berdasarkan pandangan Heru, Netflix saat ini dinilai menjadi alat kompetisi para operator seluler untuk saling bersaing. Diketahui, Telkom Group jadi satu-satunya perusahaan yang memblokir Netflix, lantaran penyedia video on demand tersebut belum mengindahkan aturan yang berlaku di Indonesia, salah satunya terkait kebijakan menurunkan konten yang berpotensi melanggar.

"Dan nampaknya, Telkom harus 'menyerah' mengikuti apa yang dilakukan operator lain dengan membuka Netflix. Selain itu juga, mungkin (pembukaan blokir Netflix oleh Telkom) karena pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan soal perpajakan bagi OTT (Over The Top)," jelasnya.

Berbicara soal konten, ucap Heru, memang bisa difilter dan ada batasan usia. Tapi, kalau diperhatikan ada batasan usia yang digunakan berbeda dengan yang ada di Indonesia. Hal itu yang perlu diperhatikan pemerintah saat ini.

"Nah, ini yang diselesaikan pemerintah, khususnya Kementerian Kominfo dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, misal melalui Lembaga Sensor Film atau mungkin, termasuk KPI agar tontonan yang disajikan disesuaikan dengan aturan batasan umur yang ada di Indonesia," jelasnya.

Communication Manager, Netflix Kooswardini Wulandari, mengatakan pihaknya sangat senang karena saat ini layanan mereka telah dapat diakses melalui jaringan Telkom. Artinya sekarang masyarakat Indonesia dapat menikmati tayangan Netflix yang beragam, mulai dari serial TV, dokumenter, serta film lokal dan internasional berkualitas di semua jaringan.

"Kami akan terus memberikan layanan terbaik bagi seluruh penggemar hiburan di Indonesia dengan menambahkan lebih banyak film-film Indonesia di Netflix, meningkatkan pengalaman pengguna, serta mengembangkan kerja sama dengan mitra-mitra di Indonesia," kata perempuan yang kerap disapa Dini itu.

Sebelumnya Telkom Group akhirnya resmi membuka blokir Netflix, yang membuat pelanggan IndiHome, Telkomsel, dan Wifi.id bisa mengakses konten video yang ada di Netflix.

"Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburan," jelas Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo.



Simak Video "Berkah Ulang Tahun! Telkom Akhirnya Buka Blokir Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)