Empat Tahun Dinanti, Telkom Akhirnya Buka Blokir Netflix - Halaman 4

Round-up

Empat Tahun Dinanti, Telkom Akhirnya Buka Blokir Netflix

Tim detikINET - detikInet
Rabu, 08 Jul 2020 06:37 WIB
Netflix
Netflix kini bisa diakses lewat IndiHome, Telkomsel dan Wifi.id. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Pemblokiran Netflix oleh Telkom itu terus berlanjut, dan pada akhir 2018 pun mereka belum mencapai kata sepakat untuk bermitra. Corporate Communication Netflix Kooswardini Wulandari saat itu mengatakan baik Netflix dan Telkom masih mencari jalan keluar dari persoalan tersebut, yang disebutnya terkait kesepakatan bisnis.

Padahal, saat itu Netflix sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah operator lokal, seperti XL Axiata, Bolt, Hutchison 3 Indonesia, dan Smartfren, yang masing-masing menyediakan paket data untuk streaming video.

Netflix juga terus meningkatkan pengalaman pelanggannya yang berasal dari Indonesia. Seperti meluncurkan antarmuka dan subtitle dalam bahasa Indonesia. Meski begitu, Netflix tetap belum tertarik untuk membuka kantor di Indonesia, bahkan sampai pertengahan 2019.

"Saat ini kami belum juga memiliki kantor, mungkin suatu hari bakal ada. Namun sekarang ini kami belum ada pembicaraan soal membuka kantor di sini," jelas Head of Corporate Communications Netflix Asia Tenggara Leigh Wong dalam acara Rumah Netflix di Jakarta, 1 Agustus 2019.

Netflix memilih berkontribusi dengan cara lain, yaitu merekrut talenta anak negeri untuk jadi bagian tim pengembangan Netflix di Indonesia. Mereka pun berinvestasi dalam pembuatan konten.

Kemudian salah satu cara Netflix untuk menggaet pasar di Indonesia adalah dengan menghadirkan paket berlangganan khusus dengan tarif lebih murah, yang dirilis pada pertengahan Desember 2019. Yaitu Rp 49 per bulan dan hanya bisa diakses lewat ponsel.

Pemerintah sendiri tampaknya tak ingin campur tangan terkait pemblokiran Netflix oleh Telkom tersebut. Pada akhir 2019 Menkominfo Johnny G Plate menyebut dirinya tak bisa campur tangan karena masalah itu terkait bisnis.

"Kalau bisnis kita serahkan B to B (business to business) apa relasinya, mungkin ada hal yang sifatnya komersial. Kami berharap antara B to B bisa diselesaikan secara cepat. Kami harap segera selesai," kata Johnny pada Rabu 25 Desember 2019.

Pada 2020, nasib Netflix di Indonesia terlihat lebih baik setelah membuka beberapa kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Seperti pada Januari 2020, Netflix mengucurkan investasi sebesar Rp 14 miliar untuk mengembangkan industri film Indonesia.

Kemudian pada bulan Juni, Netflix kembali digandeng Kemendikbud untuk untuk membawa film-film dokumenter Netflix ke program belajar di rumah. Mulai 20 Juni 2020, film dokumenter Netflix akan tayang setiap Sabtu pukul 21.30 WIB di TVRI, dan akan tayang ulang setiap Minggu dan Rabu pada pukul 09.00 WIB.

Program Belajar dari Rumah yang diluncurkan 12 April 2020 merupakan alternatif belajar di tengah pandemi virus corona (COVID-19). Upaya ini dilakukan Kemendikbud untuk memastikan agar dalam masa yang sulit ini masyarakat terus mendapatkan kesempatan untuk melakukan pembelajaran dari rumah, salah satunya melalui media televisi dengan jangkauan terluas di Indonesia.

Sinyal dibukanya blokir Netflix pertama datang dari Dirut Telkomsel Setyanto Hantoro, yang menyebut Netflix sudah banyak berubah dan blokirnya bakal dibuka dalam hitungan minggu. Hal itu diungkapkan Anto, sapaannya, pada Jumat, 12 Juni 2020. Kini, akhirnya Telkom Group membuka blokirnya terhadap Netflix, yang berarti pengguna Indihome, Wifi.id, dan Telkomsel bisa menikmati bermacam konten video yang ada di layanan tersebut.



Simak Video "Telkom Bantah Kerdilkan Netflix!"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)