Seniman Manfaatkan e-Commerce Untuk Tetap Berkreasi

Seniman Manfaatkan e-Commerce Untuk Tetap Berkreasi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 07 Jul 2020 21:50 WIB
Pandemi COVID-19 berdampak semua profesi pekerjaan, termasuk seniman. Untuk mengatasi persoalan tersebut, dibuatlah website e-Commerce bernama Resoilnation.id.
Seniman Manfaatkan e-Commerce Untuk Tetap Berkreasi (Foto: Pandi)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 berdampak semua profesi pekerjaan, termasuk seniman. Untuk mengatasi persoalan tersebut, dibuatlah website e-Commerce bernama Resoilnation.id.

Menariknya, platform tersebut merupakan e-Commerce khusus karya seni pertama di Indonesia. Adapun aktor di balik pembuatan website itu adalah Risang Yuwono.

Untuk membuat platform ini, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) bekerjasama dengan Koperasi Seniman dan Budayawan Yogya (Koseta) untuk membangun konsep, cara berjejaring dengan memanfaatkan teknologi digital.

Garin Nugroho, selaku kurator Resoilnation mengatakan, ini merupakan program sebagai respon dari pandemi COVID-19, di mana para pekerja seni harus hadapi. Gegara merebaknya virus Corona, setidaknya 700 komunitas atau sanggar di Yogyakarta turut terkena dampaknya, di mana mereka kehilangan ruang ekspresi seiring aturan pemerintah dalam upaya pemutusan penyebaran Corona.

Upaya yang digagas oleh Koseta dengan tajuk Resoilnation ini merupakan ikhtiar untuk menuju seni menghadapi pandemi COVID-19. Arah dari resolusi seni yang berbasis teknologi, dirangkum dalam satu platform payment gateway - online submission.

Risang Yuwono selaku Direktur Program Resoilnation memaparkan platform ini tak hanya menjaga eksistensi pekerja seni, tetapi juga diharapkan dapat memberi nilai tambah secara ekonomi dan ketahanan pangan bagi para pelaku seni. Di sisi lain juga, program ini mengajarkan seniman mengetahui tentang Hak Kekayaan Intelektual di Indonesia.

Terkait kolaborasi pembuatan e-Commerce khusus seniman ini, Ketua Pandi Yudho Giri Sucahyo mengungkapkan, pihaknya tertantang dalam program tersebut.

"Kegiatan ini diharapkan akan mendukung program ketahanan pangan di tengah ancaman Pandemi yang bersama belum dapat kita ketahui dan efek domino yang mengancam keberlangsungan Ekonomi dan sosial budaya di Indonesia maupun di dunia," ucapnya dalam siaran persnya.

Dukungan Pandi yang bekerja sama dengan mitra strategis penyedia jasa telekomunikasi "Citrahost" diwujudkan dalam pemberian hibah berupa Domain dan Hosting bagi seluruh mitra, serta pembuatan website Resoilnation. Dalam paska pameran, para mitra juga akan mengembangkan kapasitas seniman dengan pelatihan Daring bagi 50 seniman guna membangkitkan visibilitas seniman Indonesia di Era Digital.

Program ini disebut mendapat atensi dari banyak kalangan, di antaranya Klowor Waldiyono, Hani Santana, Kukuh Nuswantoro, Lully Tutus, Sindu Cutter, Lanjar Jiwo dan masih banyak seniman lain yang siap mendukung. Resoilnation direncanakan dibuka secara daring pada tanggal 25 Juli 2020 Tutur Hazwan Iskandar Jaya selaku ketua harian Koperasi Seniman dan Budayawan.



Simak Video "BPKN Ingatkan eCommerce Lebih Selektif Gaet Mitra Penjual di Platformnya"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)