Hore! Telkom Sudah Buka Blokir Netflix

Hore! Telkom Sudah Buka Blokir Netflix

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 07 Jul 2020 13:36 WIB
netflix
Hore! Telkom Sudah Buka Blokir Netflix (Foto: Mashable)
Jakarta -

Dibukanya blokir Netflix oleh Telkom Group kini jadi kenyataan. Sejumlah netizen mengaku kalau jaringan Indihome dan Telkomsel yang mereka pakai sudah bisa mengakses Netflix.

Salah satunya adalah akun @ieuAdhit, "weheheh netflix udh bisa di akses telkom," tulisnya. Selain itu, ada juga sejumlah netizen lain yang melontarkan kicauan senada.

Namun ada juga yang mengaku sempat bisa mengakses Netflix, namun saat dicoba lagi layanan tersebut tak bisa diakses kembali. detikINET pun mencoba lewat aplikasi dari jaringan Telkomsel dan benar saja, Netflix sudah bisa dipergunakan.

Sempat juga beredar screenshot kicauan akun resmi Indihome di Twitter yang menyebutkan bahwa pemblokiran Netflix oleh Indihome dan Telkomsel itu akan dibuka pada 7 Juli 2020 ini.

Netflix IndihomeNetflix Indihome Foto: Istimewa

Sementara itu pengamat gadget Herry SW, yang meyakini hari ini, Rabu (7/7/2020), pemblokiran itu akan dibuka. "Kalau tidak ada perubahan rencana, blokir grup Telkom atas Netflix berakhir pada hari ini," tulisnya di Twitter.



Telkom sudah beberapa kali memberi sinyal akses Netflix tinggal menunggu waktu. Bulan Februari silam, Siti Choiriana selaku Direktur Consumer Service Telkom Indonesia mengatakan kedua belah pihak terus melakukan komunikasi untuk memungkinkan kerja sama bisa terjalin.

"Sampai saat ini kami masih intens untuk bicara dan belum ada titik temu nih. Tapi, mudah-mudahan dalam waktu dekat ketemu titik temunya. Kami pasti buka, jadi tenang aja," sambungnya.

Kemudian pada pertengahan Juni, giliran Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan komunikasi antara kedua belah pihak masih terus berlangsung.

"Terkait Netflix, saat ini kami masih terus berdiskusi dengan Netflix dan Insya Allah bisa menutup gap yang ada," ujar Ririek kala itu.

Ririek menjelaskan poin persoalan yang dihadapi penyedia layanan video on demand asal Amerika Serikat (AS) itu ada soal kebijakan mereka soal take down konten di platformnya.

"Poinnya adalah kepada lebih pemenuhan compliance, khususnya terkait dengan take down. Kita mengharapkan Netflix bisa lebih memberdayakan atau menggunakan berbagai konten yang diproduksi secara lokal di Indonesia," tuturnya.