Sarung Tangan Ini Terjemahkan Bahasa Isyarat ke Teks

Sarung Tangan Ini Terjemahkan Bahasa Isyarat ke Teks

Josina - detikInet
Minggu, 05 Jul 2020 13:23 WIB
sarung tangan bahaya isyarat
Sarung Tangan Ini Dapat Terjemahkan Bahasa Isyarat ke Teks. (Foto: UCLA)
Jakarta -

Bahasa isyarat, seperti semua bahasa lainnya, perlu dipelajari agar dapat memahami dan menggunakannya. Namun bahasa isyarat lebih menantang karena sering tidak dimengerti oleh lawan bicaranya.

Ada sebuah teknologi yang dapat memudahkan komunikasi dengan bahasa isyarat. Para peneliti dari Sekolah Teknik Samulei UCLA telah mengembangkan sarung tangan yang dapat dipakai untuk merekam gerakan dari bahasa isyarat lalu menejermahkannya ke dalam sebuah teks.

"Kepada mereka yang tidak memahaminya, harapan kami adalah bahwa ini akan menjadi cara mudah bagi orang-orang yang menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi langsung dengan non bahasa isyarat tanpa membutuhkan orang lain untuk menerjemahkan untuk mereka," ujar Jun Chen, asisten profesor bioteknologi di UCLA seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo.

Ia juga menambahkan, alat ini dapat membantu lebih banyak orang untuk belajar bahasa isyarat secara mandiri.

Cara kerja sarung tangan ini cukup sederhana. Sarung tangan akan menampilkan sensor yang membentang di sepanjang masing-masing jari. Setiap kali jari-jari bergerak maka sensor akan berusaha mendeteksi sebuah gerakan apa yang dibuat dan kemudian menerjemahkan gerakan-gerakan tersebut ke dalam bahasa Inggris.

Meskipun teknologi ini bukan hal baru, UCLA mengklaim bahwa desain mereka kurang besar dibandingkan dengan desain lain dan lebih nyaman digunakan.

Teknologi ini bisa ditebus dengan biaya USD 50 atau sekitar Rp 720 ribuan untuk pembelian bahannya. Banderol tersebut juga dapat dikurangi ketika diproduksi dalam jumlah banyak.

Sarung tangan ini diklaim memiliki fungsi yang baik sebagai prototipe yang mampu menafsirkan 60 tanda bahasa isyarat dengan akurasi hampir 99%.

(jsn/rns)