Rangkaian Inisiatif Grab Bantu Driver dan Mitra Lawan COVID-19

Rangkaian Inisiatif Grab Bantu Driver dan Mitra Lawan COVID-19

Yudistira Imandiar - detikInet
Rabu, 01 Jul 2020 18:50 WIB
Grab
Rangkaian Inisiatif Grab Bantu Driver dan Mitra Lawan COVID-19 (Foto: dok Grab)
Jakarta -

Ada sejumlah inisiatif yang diimplementasikan Grab selama masa pandemi COVID-19 di Indonesia. Inisiatif tersebut terkait upaya bantuan terhadap mitra driver dan merchant, serta memberi peluang usaha bagi para pihak yang terdampak secara ekonomi.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi memaparkan, ada 24 inisiatif yang diperkenalkan Grab selama masa pandemi. Selain itu, ada 83.500 merchant dan agen yang baru bergabung dalam kurun waktu tiga bulan ke belakang.

"Pandemi ini juga menyadarkan kami bahwa masih banyak yang bisa dilakukan. COVID-19 telah memberi hantaman keras kepada para pekerja dan juga kepada mereka yang penghasilannya bergantung dan ditentukan oleh sehatnya kondisi perekonomian secara umum. Sejalan dengan komitmen GrabForGood, kami berusaha untuk membuat lebih banyak orang bisa terus usaha melalui platform Grab selama pandemi ini," kata Neneng dalam keterangan tertulis, Rabu (1/7/2020).

Ada empat hal yang menjadi fokus Grab dalam pembuatan inisiatif-inisiatif di situasi pandemi COVID-19. Pertama, Grab berupaya mendukung garda terdepan, bekerja sama dengan lebih dari 20 perusahaan dan brand. Kerja sama tersebut berhasil menyediakan lebih dari 360 ribu kilogram beras, lebih dari 72 ribu liter minyak goreng, beserta kebutuhan pokok lainnya, multivitamin, dan bahan-bahan pemenuhan nutrisi yang dibagikan kepada mitra pengemudi dan pengantaran.

Grab turut membagikan sekira 20.500 liter cairan disinfektan serta lebih dari 240 ribu masker dibagikan kepada mitra pengemudi dan pengantaran di Indonesia. Dukungan lainnya, yaitu rapid test untuk sekitar 4.100 mitra dan petugas medis di Tanah Air.

"Grab juga ingin mengucapkan terima kasih kepada lebih dari 20 perusahaan dan brand yang telah bekerja sama untuk membantu berbagai inisiatif selama pandemi. Mengatasi COVID-19 akan menuntut upaya luar biasa dan kerja sama dari semua pihak," lanjut Neneng.

Aspek lain yang jadi fokus Grab, yakni melahirkan inovasi untuk menyesuaikan kondisi pandemi. Inovasi tersebut menghadirkan lebih dari 18 ribu sekat pelindung di armada GrabCar dan GrabBike Protect. Melalui kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Grab menyediakan layanan pengantaran bagi lebih dari 3.700 tenaga medis di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran. Di samping itu, ada sekitar 100 armada GrabWheels disediakan di area Wisma Atlet untuk kebutuhan mobilitas petugas medis di sana.

GrabInfografik Dukungan Grab Indonesia untuk COVID-19 Foto: Dok. Grab Indonesia

Berikutnya, Grab menghubungkan kebaikan antar individu yang tergugah membantu sesama di situasi yang menantang. Selama masa pandemi, ada lebih dari 8.500 menu makanan dan minuman yang dibeli pelanggan untuk mitra pengantaran Grab. Pemberian tips untuk mitra pengemudi dan pengantaran turut meningkat 63 persen. Selanjutnya, Grab mengumpulkan donasi Rp 1,4 miliar dari pelanggan melalui GrabRewards Katalog dan Widget untuk memberikan sembako dan APD kepada mitra pengemudi dan pengantaran, juga tenaga medis.

Grab pun memberikan peluang dan meningkatkan kapasitas kepada berbagai pihak untuk mengembangkan usaha dan kemampuan di situasi pandemi. Tercatat 83.500 merchant dan agen baru bergabung dengan Grab, serta 379 ribu mitra pengemudi mengikuti pelatihan literasi digital GrabAcademy.

Selain itu, melalui program #TerusUsaha, Grab membantu UMKM untuk terus meningkatkan usaha. Grab menjalin kerja sama dengan para pemangku kepentingan dalam upaya pemenuhan kebutuhan dan menjaga keberlangsungan UMKM. Selain itu, tersedia platform website www.grabforgood.id untuk dimanfaatkan UMKM mengakselerasi bisnisnya.

"Salah satu pelajaran yang dapat kita petik dari krisis ini adalah kenyataan bahwa kita saling terhubung lebih dari yang kita sadari. Kita menjadi lebih kuat ketika bersama. Jika kita menyatukan tujuan kita bersama, melindungi yang lemah dan saling mendukung, kita akan semakin cepat melangkah menuju pemulihan. Mari bersama #TerusUsaha," kata Neneng.



Simak Video "Skuter Listrik Beroperasi Lagi di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)