TikTok Menghilang dari Play Store di India Setelah Dicekal

TikTok Menghilang dari Play Store di India Setelah Dicekal

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 01 Jul 2020 09:32 WIB
Logo TikTok
Tiktok Menghilang dari Play Store Setelah Dicekal India Foto: (Aisyah Kamaliah/detikcom)
Jakarta -

Pada Senin kemarin, pemerintah India melarang 59 aplikasi asal China, termasuk TikTok dan WeChat. Kini TikTok dilaporkan menghilang di India dari Apple App Store dan Google Play Store.

Dikutip detikINET dari The Next Web, Rabu (1/7/2020) aplikasi lainnya buatan Bytedance, Helo, juga dilaporkan menghilang dari kedua platform tersebut.

Tapi, beberapa aplikasi lainnya yang masuk dalam daftar pencekalan seperti UC Browser, WeChat, Bigo Live dan Shein masih bisa diunduh dari kedua toko aplikasi.

Tidak hanya menghilang dari App Store dan Play Store, aplikasi dan situs desktop TikTok yang diunduh juga tidak bisa diakses. Saat pengguna membuka aplikasi TikTok akan ada pesan yang mengatakan mereka sedang dalam proses mengikuti perintah pemerintah.

Beberapa pengguna di India melaporkan mereka tidak bisa melihat feed TikTok atau bahkan mengunggah video. Aplikasi ini juga menampilkan notifikasi 'network error' yang artinya operator India juga telah memblokir TikTok.

Pelarangan ini diumumkan langsung oleh Kementerian Informasi dan Teknologi India yang mengacu pada seksi 69 IT ACT 2000 yang memberikan pemerintah kekuasaan untuk memblokir layanan tertentu.

Pemerintah India juga sebelumnya beralasan aplikasi-aplikasi ini mencuri data pengguna dan mengirimkannya ke server yang tidak berlokasi di India. Tapi pelarangan ini sepertinya juga berkaitan dengan hubungan China dan India yang terus memanas setelah bentrok di perbatasan Himalaya yang menewaskan 20 tentara India.

Head of TikTok India Nikhil Gandi dalam keterangan yang diunggah di Twitter mengatakan perusahaannya sedang dalam proses untuk memenuhi permintaan pemerintah.

"Kami telah diundang untuk bertemu dengan pemangku kekuasaan pemerintah yang khawatir sebagai kesempatan untuk merespons dan memberi klarifikasi," kata Gandi dalam keterangannya.

"TikTok terus berusaha untuk menuruti semua kebutuhan privasi dan keamanan data di bawah hukum India dan tidak membagikan informasi apapun dari pengguna kami di India dengan pemerintah asing, termasuk pemerintah China," sambungnya.

Pelarangan TikTok dan menghilangnya aplikasi ini dari App Store dan Play Store tentu cukup berdampak mengingat India merupakan pasar besar bagi aplikasi video pendek ini. TikTok selalu berada di posisi 10 teratas di toko aplikasi dan sudah diinstal 611 juta kali di India.



Simak Video "TikTok Dilarang di India"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)