Ini Langkah Inisiatif Grab 6 Bulan ke Depan Berdayakan UMKM

Ini Langkah Inisiatif Grab 6 Bulan ke Depan Berdayakan UMKM

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikInet
Selasa, 30 Jun 2020 17:15 WIB
President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata
President Grab Indonesia Ridzki Kramadimata (Foto: Grab/20detik)
Jakarta -

Grab Indonesia meluncurkan program terbarunya yaitu #TerusUsaha untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa new normal. Di dalamnya terdapat berbagai inisiatif untuk melatih dan meningkatkan keterampilan UMKM.

"Dengan situasi dunia yang semakin bergantung pada kemampuan digital, mereka (UMKM) harus mereangkull teknologi dan melakukan digitalisasi atau mereka akan tertinggal. #TerusUsaha merupakan kelanjutan dari komitmen jangka panjang Grab untuk mempercepat digitalisasi bisnis tradisional dan kecil," ujar President of Grab Indonesia Ridzki Kramadimata, dalam keterangan tertulis, Selasa (30/6/2020).

Untuk melatih para UMKM tersebut, Ridzki mengungkapkan pihaknya telah mempersiapkan berbagai inisiatif untuk enam bulan ke depan. Adapun berbagai inisiatif yang akan dilakukan Grab Indonesia adalah sebagai berikut.

Meningkatkan Visibilitas dan Permintaan untuk UMKM

Grab Indonesia akan membantu puluhan ribu UMKM untuk meningkatkan visibilitas online dan meningkatkan penjualan melalui penyediaan iklan gratis khusus pada laman utama aplikasi. Grab juga akan memberikan ruang untuk beriklan di media sosial dan saluran digital Grab.

Memberikan Pelatihan Keterampilan dan Pertumbuhan bagi Bisnis Kecil

Grab bermitra dengan organisasi nirlaba Sahabat UMKM, akan menyediakan program akselerasi lengkap bagi pemilik usaha kecil di Indonesia. Peserta terpilih akan mengikuti program pelatihan selama 2,5 bulan yang difokuskan pada Business Assessmen, Konsultasi, dan microsite khusus diperuntukan bagi UMK.

Menciptakan Kesempatan Pendapatan Baru Bagi Mereka yang Membutuhkan

Grab juga menghadirkan inisiatif untuk membantu masyarakat yang pekerjaannya terdampak COVID-19, untuk bergabung sebagai agen individu GrabKios. Mereka bisa menawarkan produk finansial dan digital seperti pengiriman uang, pembelian produk asuransi mikro, pembayaran tagihan, dan pulsa melalui aplikasi GrabKios kepada komunitas sekitar mereka.

Ridzki juga mengatakan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mendigitaliasi bisnis tradisional. Grab juga akan semakin memperkuat kerja sama dengan pemerintah daerah untuk mendorong masuknya bisnis tradisional ke ekonomi digital.

"Meski dihadang oleh ketidakpastian ekonomi di masa depan, namun kami percaya bahwa kami dapat turut berperan dalam membangkitkan ekonomi Indonesia lewat digitalisasi UMKM melalui layanan seperti GrabFood, GrabKios, dan GrabMart, sembari menciptakan peluang ekonomi lainnya bagi jutaan wirausahawan mikro," pungkasnya.



Simak Video "Grab Food Gebrak 2020 dengan Gerakan 'Jangan Lupa Makan'"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)