Punya Jutaan Follower, Arief Muhammad Bagi Tips Jadi Content Creator

Punya Jutaan Follower, Arief Muhammad Bagi Tips Jadi Content Creator

Angga Laraspati - detikInet
Sabtu, 27 Jun 2020 11:45 WIB
Arief Muhammad
Foto: Angga Laraspati
Jakarta -

Seiring berjalannya waktu, banyak anak muda zaman sekarang yang ingin menjadi seorang content creator yang sukses. Tentu, hal itu bukan perkara yang mudah karena seorang content creator harus mempunyai sebuah konten yang original, kreatif dan dapat diterima oleh masyarakat.

Seorang Content Creator, Arief Muhammad yang mempunyai jutaan follower pun tidak sungkan untuk memberikan berbagai ilmu buat anak muda yang memang ingin menjadi konten kreator, sembari bercerita perbedaan antara menjadi content creator zaman dahulu dan sekarang.

"Dulu itu pas tahun 2009 suasana sosial media itu beda banget dari sekarang. Kalau zaman dulu itu buat dapet followersnya banyak itu susah banget. Nah dulu juga belum ada tuh selebtwit, selebgram, beda sama sekarang orang akan dengan bangganya bilang 'oh gue selebtwit, selebgram'," ujar Arief dalam acara Smartfren POWER UP Talks yang digelar secara online dalam YouTube resmi Smartfren, Jumat (26/6/2020).

Selain itu, dirinya mengatakan untuk menjadi content creator yang bagus harus pintar-pintar mengulik atau mencoba sesuatu yang baru. Sama seperti dirinya yang berpindah-pinda dari Twitter hingga YouTube, semuanya harus dicoba walau memang ada gagalnya. Dirinya juga mengatakan supaya sebuah konten diterima oleh masyarakat adalah mencari identitas sendiri dengan memperbanyak referensi.

"Karena ketika referensi lo cuma satu, misalkan lo ngefans banget sama si A. ketika lo udah ngefans banget sama si A dan lo pengen terjun jadi Content Creator, mungkin lo gak niru si A, tapi secara nggak langsung alam bawah sadar akan mengarahkan jadi amat sangat mirip dengan si A. Jadi diperbanyak referensinya, ketika sudah banyak rangkum sendiri dan sesuaikan dengan personalitas kita dan itu akan menjadikan karakter sendiri buat kalian," jelas Arief.

Di sisi lain, dirinya mengatakan dalam melakukan suatu hal yang paling sulit dilakukan ada komitmen, karena kalau masalah komitmen kita tidak akan tau apa yang bakal terjadi ke depannya nanti. Selain itu, penting juga bagi yang ingin terjun ke dunia konten untuk tidak bertindak bodoh di sosial media, ini karena rekam jejak digital akan selalu ada sampai kapanpun.

"Jadi saran gue buat yang pengen jadi content creator harus punya kepekaan terhadap self centre itu sendiri," imbuh Arief.

Arief juga mengatakan untuk sering-sering mencari peluang agar dapat Power Up Possibility yang didapatkan. Walau dirinya mengakui memang peluang tersebut sering menghampiri kita dan kita tidak sadar akan kehadirannya. Untuk itu ada baiknya untuk siap apabila kesempatan tersebut datang dengan sebuah ilmu.

"Kita itu mesti punya ilmu, untuk dapat ilmu kita harus belajar, harus mau ngulik, eksplor, mau capek, ribet, mau segala-galanya yang tidak menyenangkan dulu di awalnya. Sampai nantinya ada kesempatan yang datang kita sudah siap, jadi jangan pernah nyalahin keadaan," ungkap Arief.

Untuk Power Up Possibility tersebut, salah satunya bisa dengan membership Power Up dari Smartfren yang memberikan berbagai privilege. Bahkan, hal tersebut juga diakui oleh Arief yang mengatakan seharusnya membership ini sudah ada dari dulu.

"Gue jujur deh, kenapa membership ini baru ada sekarang gitu. Dan kalau dulu udah ada membership ini, jadinya kan kita nggak sendirian nih. Jadi ada temen-temen untuk Power Up bareng nih. Coba ada dari dulu, pasti hidup gue bakal jauh lebih mudah," canda Arief.

(akn/prf)