Pandemi Corona di AS Kian Parah, Bill Gates Sebut Penyebabnya

Pandemi Corona di AS Kian Parah, Bill Gates Sebut Penyebabnya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 26 Jun 2020 18:50 WIB
Bill Gates
Pandemi Corona di AS Kian Parah, Bill Gates Sebut Penyebabnya. Foto: Reuters
Seattle -

Pandemi Corona di Amerika Serikat belum menunjukkan tanda-tanda dapat dikendalikan. Bill Gates pun mengutarakan penyebabnya menurut versinya.

Sekitar 8 minggu silam, angka kematian akibat Corona di AS sekitar 63 ribu dengan sejuta kasus positif Corona. Saat ini, sedikitnya ada 2,4 juta kasus terkonfirmasi dengan 122 ribu orang meninggal dunia, menurut data John Hopkins University.

Sang pendiri Microsoft menyebut penyebabnya adalah masih kurang tes Corona dan pelacakan penderitanya serta masih banyak orang tidak memakai masker. Negara lain yang melakukan hal tersebut secara efektif, berhasil menekan angka penderita.

"Jarak di Amerika saat ini, antara orang yang sangat konservatif dengan apa yang mereka lakukan dan orang yang tidak mempedulikan wabah, sangat besar," cetusnya seperti dikutip detikINET dari CNN.

Dengan kata lain, ada banyak orang yang menuruti saran-saran untuk meminimalisir pandemi Corona, tapi tak sedikit pula yang mengabaikannya. Bahkan menurut Bill Gates, ada yang menganggap pandemi Corona politis.

Urusan masker pun cukup banyak yang tidak patuh dan malah merasa aneh jika ada yang menggunakannya. "Teman saya, gubernur North Dakota, bahkan harus mengatakan please jangan ejek orang yang memakai masker," kata suami Melinda Gates itu.

Gates mengutarakan pula rasa kecewanya karena menganggap AS kurang dalam hal memimpin pemberantasan pandemi Corona secara global. Akibatnya, negara berkembang seperti Brasil dan India kena dampak cukup parah.

Namun demikian, dia masih punya harapan AS akan memperbaiki diri dan memberikan pertolongan, khususnya produksi vaksin pada warga dunia. Dengan vaksin yang sekarang dikebut pengembangannya, pandemi Corona diperkirakan dapat tertangani.



Simak Video "Bill Gates Sumbang USD 100 Juta untuk Bantu Tangkal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)