Google Ingin Latih Talenta Digital Lokal Agar Melek Cloud

Google Ingin Latih Talenta Digital Lokal Agar Melek Cloud

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 24 Jun 2020 18:52 WIB
Ilustrasi menggunakan komputer
Google Ingin Latih Talenta Digital Lokal Agar Melek Cloud Foto: Pinterest
Jakarta -

Google hari ini resmi meluncurkan Google Cloud Platform Region di Jakarta. Tidak hanya berkontribusi dalam hal infrastruktur, Google juga akan melatih talenta digital agar melek cloud.

Country Director Google Cloud Indonesia Megawati Khie mengatakan Google akan menawarkan beberapa program pelatihan untuk membina talenta digital di Indonesia.

Program pertama yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan akan mengadakan 150.000 lab pelatihan langsung Google Cloud di Indonesia. Selain pelatihan online, peserta pelatihan juga akan mendapatkan kredit gratis Google Cloud dan sertifikasi.

"Sekarang memang cloud ada banyak kebutuhan, tapi kalau orang Indonesia tidak ada skillnya, kita tidak akan bisa membantu dari sisi transformasi digital," kata Mega dalam media briefing virtual, Rabu (24/6/2020).

"Jadi kita berikan online training, kita juga berikan readiness dalam soft skill, bagaimana caranya membangun bisnisnya, dan hal seperti itu," sambungnya.

Selain itu, Google juga mengadakan sejumlah inisiatif untuk mempersiapkan karier seperti Juara GCP yang melibatkan komunitas Google Cloud di Indonesia dan beasiswa talenta digital yang bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Untuk menyambut kehadiran Google Cloud Platform Region Jakarta, Mega mengatakan Google juga mengadakan pelatihan orientasi Cloud OnBoard untuk developer.

"Cloud OnBoard ini sangat penting untuk developer. Mereka akan diberi cloud credit gratis dan pelatihan secara cuma-cuma," jelasnya.

Sejak awal pandemi virus Corona, Google juga mempermudah proses belajar dari rumah dengan menghadirkan G Suite for Education untuk ribuan sekolah dan jutaan siswa di Jakarta.

"Kami menyediakan guru dan siswa untuk memakai G Suite. Jadi tool ini memungkinkan mereka untuk ikut dalam perjalanan transformasi digital," pungkas Mega.



Simak Video "Google Optimistis Pandemi Covid-19 Jadi Motivasi Percepat Digitalisasi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)