Google Cloud Platform Hadir di Jakarta untuk Dukung Tranformasi Digital

Google Cloud Platform Hadir di Jakarta untuk Dukung Tranformasi Digital

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 24 Jun 2020 15:34 WIB
Google, Google Indonesia, Ilustrasi Google Indonesia
Google Cloud Platform Hadir di Jakarta untuk Dukung Transformasi Digital Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Layanan Google Cloud Platform semakin memperluas jangkauannya di Asia Tenggara. Setelah Singapura, Google kini menghadirkan GCP di Jakarta untuk membantu perusahaan dan startup di Indonesia mempercepat transformasi digital.

CEO Google dan Alphabet Sundar Pichai dalam pidato virtualnya mengatakan Indonesia dipilih karena dinilai sebagai salah satu negara yang paling kreatif, dinamis dan berjiwa entrepreneur di Asia Tenggara.

Belum lagi jumlah pengguna internet di Indonesia yang telah mencapai 150 juta orang juga mendorong perkembangan ekonomi digital yang terus tumbuh tiap tahunnya.

"Region baru ini akan lebih mempermudah dan mempercepat perusahaan besar atau kecil untuk menggunakan AI dan data analytics kami," kata Pichai dalam acara peluncuran Google Cloud Platform Region Jakarta, Rabu (24/6/2020).

"Google Cloud hadir di sini untuk mendukung transformasi digital Anda dengan teknologi yang sama yang memberdayakan produk kami seperti Google Search dan Gmail," sambungnya.

Dengan kehadirannya di Jakarta, GCP telah menawarkan 24 region dan 73 zona di 17 negara di seluruh dunia. Setelah Jakarta, Google juga akan memperluas layanannya ke Melbourne dan New Delhi.

Google Cloud Platform di Jakarta menawarkan semua layanan standar dari Google seperti Compute Engine, Google Kubernetes Engine, Cloud SQL dan lain-lain. Selain itu pengguna layanan ini juga bisa memanfaatkan solusi seperti kecerdasan buatan (AI) dan machine learning.

CEO Google Cloud Thomas Kurian mengatakan selain solusi di atas, Google juga menjamin keamanan semua data milik konsumennya yang disimpan di Indonesia.

"Kami juga memberikan platform yang aman serta memberikan sejumlah kemampuan keamanan canggih untuk mengenkripsi data, untuk menyimpan data di Indonesia, dan untuk melindungi semua sistem yang beroperasi di cloud dengan alat keamanan siber Google yang sangat canggih," kata Kurian dalam kesempatan yang sama.

Kehadiran GCP di Jakarta juga disambut baik oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. Dalam sambutannya, Johnny mengatakan kehadiran pusat data ini diharapkan mampu mempercepat transformasi digital, khususnya di era pandemi COVID-19.

"Pemerintah Indonesia berharap kehadiran pusat data ini dapat turut memperkuat keamanan dan privasi data, meningkatkan kemajuan ekonomi digital, dan di saat bersamaan juga mampu mempertajam penerapan berbagai macam teknologi digital seperti data analytics, artificial intelligence, machine learning dan sebagainya," kata Johnny.



Simak Video "Google Optimistis Pandemi Covid-19 Jadi Motivasi Percepat Digitalisasi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)