Siri dan Alexa Ikut Dukung Black Lives Matter

Siri dan Alexa Ikut Dukung Black Lives Matter

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 11 Jun 2020 22:39 WIB
Fitur asisten digital Apple
Alexa dan Siri Ikut Dukung Black Lives Matter (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Dukungan solidaritas untuk gerakan Black Lives Matter dari dunia teknologi terus berdatangan. Bahkan asisten suara seperti Alexa, Siri dan Google Assistant juga menyebarkan kesadaran akan gerakan ini.

Dikutip detikINET dari CNBC, Kamis (11/6/2020) ketiga asisten suara ini akan menjelaskan gerakan BLM jika pengguna bertanya "Do black lives matter?". Mereka juga akan memberikan respons tentang pertanyaan "Do all lives matter" yang sering digunakan untuk mengkritik gerakan BLM.

Alexa, Siri dan Google Assistant tidak hanya memberikan respons tentang pertanyaan ini saja. Mereka juga mengimbau pengguna untuk mempelajari lebih lanjut tentang gerakan ini di BlackLivesMatter.com.

Jika kalian bertanya "Do black lives matter" kepada Google Assistant, ia akan menjawab: "Orang kulit hitam penting. Orang kulit hitam berhak atas kebebasan yang diberikan untuk semua orang di negara ini, dan menyadari ketidakadilan yang mereka hadapi adalah langkah untuk memperbaikinya."

Jika ditanya "Do all lives matter", Google Assistant akan memberikan respons: "Mengatakan 'black lives matter' bukan berarti semua hidup tidak penting. Ini berarti hidup orang kulit hitam memiliki lebih banyak risiko dibanding orang lain."

Sedangkan Alexa akan memberikan jawaban bahwa ia percaya pada kesetaraan rasial dan solidaritas terhadap komunitas kulit hitam dalam perlawanannya melawan rasisme dan ketidakadilan sistemik.

Asisten suara besutan Amazon ini juga merekomendasikan pengguna untuk mengunjungi situs seperti blacklivesmatter.com dan NAACP.org.

Jika bertanya "Do black lives matter?" kepada Siri, ia akan menjawab: "Ya, hidup orang kulit hitam penting. (BlackLivesMatter.com)."

Jika ditanya "Do all lives matter?" asisten suara milik Apple ini mengatakan: "'All lives matter' kadang digunakan sebagai respons terhadap kalimat 'black lives matter,' tapi ini tidak memiliki kekhawatiran yang sama. Untuk mempelajari lebih banyak tentang gerakan hak asasi manusia Black Lives Matter, kunjungi BlackLivesMatter.com."

Update baru ini disambut baik oleh pendukung gerakan BLM. Beberapa pengguna media sosial bahkan mengunggah video mereka menanyakan 'Do black lives matter?" kepada asisten suara beserta jawabannya.

Update ini juga menjadi perpanjangan tangan dari perusahaan teknologi pembuatnya yaitu Apple, Google dan Amazon yang telah mendukung gerakan BLM dan menyumbangkan donasi untuk melawan ketidakadilan rasial setelah kematian George Floyd.

Ini bukan pertama kalinya asisten suara mendapatkan update untuk menanggapi fenomena global. Sebelumnya Apple, Google dan Amazon meng-update asisten suara mereka untuk memberi informasi tambahan seputar COVID-19.



Simak Video "Apple Bakal Bikin Siri Berbahasa Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)