CEO Apple Bicara soal Rasisme di AS

CEO Apple Bicara soal Rasisme di AS

- detikInet
Sabtu, 06 Jun 2020 14:03 WIB
SAN JOSE, CA - JUNE 05:  A prototype of Apples new HomePod is displayed during the 2017 Apple Worldwide Developer Conference (WWDC) at the San Jose Convention Center on June 5, 2017 in San Jose, California. Apple CEO Tim Cook kicked off the five-day WWDC with announcements of a a new operating system, a new iPad Pro and a the HomePod, a music speaker and home assistant. WWDC runs through June 9.  (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
CEO Apple Tim Cook Bicara soal Rasisme di AS. Foto: Getty Images
Jakarta -

CEO Apple Tim Cook tidak bisa tinggal diam di tengah ramainya isu rasisme yang sedang bergulir panas di Amerika Serikat (AS).

Untuk diketahui, AS saat ini sedang dalam masa berkabung dan isu rasisme menimbulkan ketegangan. Hal ini dipicu kekerasan oknum polisi yang menewaskan warga kulit hitam AS bernama George Floyd.

Para tokoh, mulai dari politisi, selebriti, hingga para petinggi perusahaan teknologi bergantian menyatakan sikap, tak terkecuali Cook.

Merespons hal tersebut, Apple merilis pernyataan yang membenarkan adanya ketidaksetaraan yang masih harus dihadapi orang-orang kulit hitam di AS.

Dikutip dari website Apple, pernyataan Cook tersebut diberi judul 'Speaking Up on Racism' dan ditampilkan satu halaman penuh dengan disertai tanda tangan orang nomor satu di Apple tersebut.

"Saat ini, ada rasa sakit yang menggores jiwa bangsa kita, dan di hati jutaan orang. Untuk berdiri bersama, kita harus membela satu sama lain, dan mengenali rasa takut, sakit hati, dan kemarahan yang diprovokasi oleh pembunuhan tak masuk akal yang menimpa George Floyd dan sejarah rasisme," tulis Cook membuka pernyataannya.

Dia mengutuk ketidaksetaraan sistem peradilan di AS dan menilai bahwa diskriminasi masih banyak terjadi di negaranya. Cook menyoroti perlakuan diskriminasi yang seringkali didapatkan warga kulit hitam, khususnya di lingkungan sosial dan pendidikan.

"Sementara hukum kita telah berubah, kenyataannya perlindungan terhadap mereka masih belum diterapkan secara universal. Kita melihat adanya kemajuan sejak saya tumbuh di Amerika, tetapi juga benar adanya bahwa komunitas kulit berwarna masih mengalami diskriminasi dan trauma," sambungnya.

Cook menyebutkan, di Apple, misi perusahaan adalah telah dan akan selalu menciptakan teknologi yang memberdayakan semua orang untuk mengubah dunia menjadi lebih baik. Keberagaman menurutnya adalah sebuah kekuatan.

Sebagai upaya nyata, Cook mengatakan bahwa Apple sendiri saat ini telah berdonasi kepada Equal Justice Initiative, sebuah organisasi yang menentang ketidakadilan dan rasialisme.

"Pada setiap napas yang kita hirup, kita harus berkomitmen untuk menjadi sebuah perubahan itu, dan untuk menciptakan dunia yang lebih baik, lebih adil bagi semua orang," tutupnya.



Simak Video "CEO Apple Bicara Soal Rasisme"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)