Bill Gates Sebut Teori Konspirasi Vaksin COVID-19 Bodoh

Bill Gates Sebut Teori Konspirasi Vaksin COVID-19 Bodoh

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 05 Jun 2020 13:57 WIB
Bill Gates masak
Bill Gates Sebut Teori Konspirasi Vaksin COVID-19 Bodoh (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Penyebaran virus Corona di seluruh dunia juga diikuti dengan misinformasi dan teori konspirasi. Salah satunya yang menargetkan pendiri Microsoft Bill Gates.

Beberapa waktu yang lalu, Yahoo News dan YouGov mengadakan jajak pendapat yang menemukan bahwa 44% pemilih Partai Republik di Amerika Serikat percaya bahwa Gates berencana untuk menggunakan vaksin COVID-19 berskala besar untuk menanamkan mikrochip di miliaran orang untuk melacak pergerakannya.

Sebelum berbicara di Global Vaccine Summit 2020, Gates oleh jurnalis ditanya mengenai teori konspirasi ini. Merespon pertanyaan tersebut, Gates mengaku hasil jajak pendapat tersebut mengkhawatirkan.

"Di satu sisi, ini sangat aneh, kalian hampir ingin melihatnya sebagai sesuatu yang lucu, tapi saya kira ini bukan hal yang lucu," kata Gates dikutip detikINET dari GeekWire, Jumat (5/6/2020).

"Saya tidak pernah terlibat dalam urusan mikrochip apapun. Hampir sulit membantah hal ini karena ini sangat bodoh atau aneh bahkan mengulangnya hampir memberikan teori ini kredibilitas," sambungnya.

Gates mengatakan penting bagi otoritas untuk memiliki data kesehatan tentang vaksin, misalnya vaksin campak, untuk meminimalisir tingkat kematian. Tapi menurutnya tidak ada chip atau apapun yang berhubungan dengan vaksin.

Dengan beredarnya teori konspirasi ini, Gates mengatakan pendanaan untuk vaksin virus Corona di seluruh dunia tidak terdampak. Tapi ia khawatir jika teori ini membuat orang-orang tidak ingin mendapatkan vaksin virus Corona di masa depan.

"Misinformasi ini bisa mengganjal kita dalam beberapa waktu ke depan, tapi saya tidak ingin mengatakan bahwa ini merugikan kita saat ini," jelasnya.

Dalam acara Global Vaccine Summit 2020, Gates mengumumkan bahwa yayasan amalnya, Bill & Melinda Gates Foundation akan menyumbangkan USD 1,6 miliar untuk aliansi Gavi selama lima tahun ke depan. Selain itu khusus untuk pengembangan vaksin virus Corona mereka menyumbangkan dana tambahan sebesar USD 100 juta.

zona hitam


Simak Video "Bill Gates Sumbang USD 100 Juta untuk Bantu Tangkal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)