Google Bikin Panduan Visualisasi Pembatasan Sosial Pakai AR

Google Bikin Panduan Visualisasi Pembatasan Sosial Pakai AR

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 31 Mei 2020 20:45 WIB
Google Sodar
Foto: Dok. Google
Jakarta -

Pembatasan sosial atau social distancing adalah salah satu cara untuk menghambat penyebaran virus Corona, yaitu dengan memberikan jarak yang cukup antara satu individu dengan individu lainnya.

Google tengah bereksperimen dengan membuat panduan untuk melakukan pembatasan sosial ini. Caranya dengan memanfaatkan teknologi augmented reality (AR) yang diakses melalui browser ponsel Android.

Nama fitur ini adalah Sodar, yang memanfaatkan teknologi AR untuk memvisualisasikan jarak dengan menggambarkan garis dengan radius 2 meter dari pengguna. Tujuannya adalah menggambarkan seberapa jauh seseorang harus memposisikan diri dari orang lain.

Sodar juga akan terus menampilkan garis batas tersebut saat penggunanya bergerak, tanpa harus mengkalibrasi ulang penghitungannya, demikian dikutip detikINET dari Digital Trends, Minggu (31/5/2020).

Kalibrasi ini hanya perlu dilakukan saat pengguna pertama mengaktifkan fitur ini. Yaitu dengan memindai lingkungan sekitar pengguna, utamanya permukaan yang datar untuk melakukan penghitungan jarak. Tenang, proses ini hanya membutuhkan beberapa detik dan tak perlu melakukan instalasi aplikasi apa pun.

Sodar memanfaatkan browser Chrome dan teknologi bernama WebXR yang pertama dirilis Google ke ponsel Android akhir 2019 lalu. Jadi, sayangnya, Sodar hanya bisa berfungsi di Android dengan browser Chrome yang sudah diperbarui.

Untuk menggunakan Sodar, anda bisa masuk ke situs ini, menekan tombol Launch, dan memberikan akses yang dibutuhkan seperti kamera. Fitur ini pun bisa disimpan ke home screen ponsel, caranya dengan menekan tombol titik tiga yang ada di bagian kanan atas Chrome, lalu memilih opsi 'Add to Home Screen'.



Simak Video "Simak Imbauan Polisi terkait Moda Transportasi Jelang PSBB di DKI"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/jsn)