Internet Pusat Data Google Sempat Tumbang, Penyebabnya Tak Terduga

Internet Pusat Data Google Sempat Tumbang, Penyebabnya Tak Terduga

Adi Fida Rahman - detikInet
Minggu, 24 Mei 2020 16:10 WIB
MOUNTAIN VIEW, CA - JULY 17:  A bicyclist rides by a sign outside of the Google headquarters July 17, 2008 in Mountain View, California. Google Inc. is expected to announce an increase in quarterly profits when it reports its quarterly earnings today after the closing bell.  (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Belum lama ini sistem kabel Google mengalami masalah yang mempengaruhi pusat data perusahaan. Tapi luar biasanya adalah penyebab insiden ini.

Bukan manusia atau pun alat berat yang kerap memutus koneksi kabel fiber optic. Tapi satu kawanan sapi, kok bisa?

Dalam postingannya di Twitter, Senior Vice President of Technical Infrastructure Google, Urs Hölzle menuturkan kabel optik super cepat mereka yang melewati negara bagian Oregon beberapa kali mengalami masalah kehilangan sinyal.

Kabel tersebut digantung di samping kabel listrik bertegangan tinggi. Biasanya jika terjadi kendala disebabkan karena badai, pohon tumbang, es dan pemburu yang kerap merusak kabel.


Tapi setelah diselidiki tidak ada satu pun dari skenario tadi yang terjadi. Setelah investigasi lebih lanjut ternyata terganggunya koneksi karena sapi yang sedang merumput menginjak dan menekuk kabel yang jatuh.

Hölzle tidak menyebutkan apakah masalah ini cukup serius. Sehingga berkontribusi pada tumbangnya layanan Google di pengguna.

Untuk diketahui pusat data Google di The Dalles, Oregon menjalankan Gmail, Drive dan lainnya. Saat ini Google punya 21 pusat data, 13 berada di AS, 8 tersebar di Amerika Selatan, Eropa dan Asia.



Simak Video "Duh! Gmail, Google Drive, hingga YouTube Alami Gangguan"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)