5 Aplikasi Buat Silaturahmi Online Saat Idul Fitri

5 Aplikasi Buat Silaturahmi Online Saat Idul Fitri

Tim - detikInet
Sabtu, 23 Mei 2020 18:30 WIB
Over the shoulder view of a woman having a video chat with her mother whose picture is shown on the screen
Ilustrasi. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Berbeda dengan tahun sebelumnya, perayaan Idul Fitri kali ini mungkin akan terasa cukup berjarak. Dengan adanya situasi pandemi, kunjungan silaturahmi secara fisik juga berkurang.

Oleh karena itu, sekarang banyak masyarakat yang beralih ke media digital untuk mempererat hubungan tanpa harus berada di dekat keluarga atau sahabat. Nah, ada beberapa aplikasi mobile untuk mendukung silaturahmi online saat Idul Fitri. Berikut daftarnya dilansir dari berbagai sumber.

1. WhatsApp

Aplikasi ini dapat digunakan untuk chat, telepon, maupun video call. Selain itu fitur Group di dalam WhatsApp juga mempermudah pengguna untuk memasukkan lingkaran teman atau keluarga agar bisa berdiskusi dari jarak jauh. Bahkan di fitur terbarunya, video chat dapat dilakukan hingga 8 orang partisipan.

2. Zoom

Aplikasi video conference Zoom mempermudah pengguna untuk melihat lawan bicara dari jarak jauh. Jumlah pengguna yang bisa melakukan meeting bersamaan pun bisa mencapai 100 orang dengan aplikasi ini. Fitur screen sharing juga dapat digunakan ketika ingin mengajari teman dari jarak jauh.

3. Facebook

Fitur membagi foto hingga chat messenger di Facebook, akan mempermudah pengguna membagikan momen Lebaran kepada keluarga dan teman yang tinggal jauh. Apalagi kini dibenamkan fitur baru bernama Messenger Rooms, di mana pertemuan online dapat dilakukan oleh hingga 50 partisipan. Panggilan di Messenger Rooms bisa dilakukan di aplikasi Messenger untuk mobile dan desktop secara gratis tanpa batas waktu.

4. Instagram

Instagram lebih cocok untuk membagikan momen melalui foto. Namun silaturahmi juga bisa dilakukan dengan Live IG Story ataupun sekadar memberikan komentar pada foto yang dibagikan. Sama seperti Facebook, Messenger Rooms sudah menyambangi Instagram. Untuk memulai video chat di Instagram, cukup membuka menu messages, sentuh ikon video chat dan pilih 'Create a Room'.

5. Google Meet

Layanan video call ini bisa berlangsung hingga 60 menit, lebih lama 20 menit dibandingkan Zoom. Jumlah peserta video conference yang terlibat bisa sampai 100 orang. Asyiknya, Google menggratiskan penggunaan penuh Google Meet dari Mei sampai 30 September 2020 berkenaan dengan pandemi Corona.



Simak Video "Selamat Idul Fitri 1441H, Tetap Berbahagia Ya!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)