Canggih, Robot Ini Jadi Gembala Kawanan Domba

Canggih, Robot Ini Jadi Gembala Kawanan Domba

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 23 Mei 2020 08:00 WIB
Robot Spot
Robot Spot gembalakan domba. Foto: Independent
Selandia Baru -

Biasanya, anjing yang membantu manusia menggembalakan kawanan domba. Akan tetapi bisa jadi mereka 'kehilangan pekerjaan' karena digantikan oleh robot.

Di Selandia Baru, robot Spot buatan Boston Dynamics telah diujicoba untuk menggembalakan domba serta patroli. Robot empat kaki ini dikendalikan dari jarak jauh untuk membimbing kawanan domba tersebut dengan software khusus buatan perusahaan Rocos.

"Zaman robot otonom sudah terjadi. Konsumen kami ingin melakukan otomatisasi proses fisik yang seringnya kotor dan berbahaya," cetus David Inggs, CEO Rocos yang dikutip detikINET dari Independent.

Spot ini memang jenis robot yang canggih. Ia dapat bergerak lincah, menaiki tangga dengan mulus, berjalan di area bebatuan atau kasar, bahkan membukakan pintu. Kegunaannya pun jadi bermacam-macam.

Sebelumnya, robot ini ditugaskan di Singapura untuk berpatroli dan mengingatkan warga untuk jaga jarak dulu saat pandemi Corona.

National Parks Board di Singapura mengumumkan kalau robot anjing Spot ditugaskan di Taman Bishan - Ang Mo Kio. Spot akan memutar pesan audio berupa imbauan agar warga menjaga jarak.

Pandemi Corona diprediksi membuat robot makin banyak dipakai. "Kita sudah lihat robot digunakan untuk disinfektan, mengantarkan obat dan makanan, dan membantu kontrol perbatasan," sebut para pakar dalam tulisan di jurnal Science Robotics.



Simak Video "Diving Bulungan, Spot Cantik dari Karamnya Kapal Jajahan Belanda"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/asj)