Zuckerberg: Separuh Pegawai Facebook Bakal WFH Seterusnya

Zuckerberg: Separuh Pegawai Facebook Bakal WFH Seterusnya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 22 Mei 2020 09:34 WIB
Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg. Foto: Reuters
San Francisco -

Facebook akan mempertahankan sistem kerja dari rumah atau Work from Home (WFH) bahkan setelah pandemi Corona dapat dikendalikan. Demikian dikatakan oleh CEO dan pendirinya, Mark Zuckerberg.

Zuckerberg menyebut pada bulan Juli, mereka akan secara agresif membuka lowongan pekerjaan yang dapat dilakukan di rumah. Kemudian dalam 10 tahun mendatang, separuh dari pegawai Facebook kemungkinan tidak akan perlu ngantor lagi.

"Dalam 5 sampai 10 tahun ke depan saya pikir 50% dari orang kita akan bekerja secara remote, tapi kita akan menuju ke sana dengan terukur," tulis Zuck.

Zuck mengatakan dalam survei Facebook pada pegawainya, separuh merasa bisa sama produktif kala kerja dari rumah dibandingkan dengan di kantor. Sekitar 40% tertarik untuk seterusnya WFH, tapi 50% ingin kembali ke kantor secepatnya.

Ia mengakui masih banyak permasalahan yang harus diselesaikan terkait WFH dan tidak semuanya berjalan positif. "Punya anak di rumah bisa berat bagi orang tua. Bisa sulit juga menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan tanpa batasan yang jelas," tulis Zuck.

"Ada banyak pertanyaan yang tidak bisa kita jawab sekarang dan akan kita cari dalam tahun-tahun mendatang. Bagaimana kita mendorong kreativitas dan menjaga budaya kita ketika pertemuan kita berkurang?" imbuhnya.

"Untuk saat ini, mayoritas besar karyawan sudah bekerja secara remote dan sepertinya akan terus demikian sampai bulan-bulan mendatang. Kami sudah mengumumkan bahwa siapapun yang dapat bekerja dari rumah bisa terus melakukannya setidaknya di 2020," cetus suami Priscilla Chan ini.



Simak Video "Mantap! Pegawai Microsoft Boleh WFH Selamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)