Selama Pandemi, Konten Edukasi Jadi yang Populer di TikTok

Selama Pandemi, Konten Edukasi Jadi yang Populer di TikTok

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 18 Mei 2020 15:12 WIB
Logo TikTok
Selama Pandemi, Konten Edukasi Jadi yang Populer di TikTok (Aisyah Kamaliah/detikcom)
Jakarta -

Selama pandemi virus Corona, TikTok menjadi salah satu aplikasi pilihan untuk mengusir rasa bosan saat harus tinggal di rumah saja. Rupanya selain konten hiburan dan komedi, konten pendidikan juga termasuk yang populer di TikTok di tengah pandemi.

Head of Content and User Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra mengatakan TikTok sendiri menjalankan beberapa kampanye untuk menampung kreativitas penggunanya di tengah pandemi. Salah satu yang paling populer adalah kampanye #SamaSamaBelajar.

"Yang unik di TikTok Indonesia itu yang naik saat pandemi ini adalah konten edukasi. #SamaSamaBelajar itu sudah ditonton dua miliar kali dan memang secara konten sangat variatif sekali," kata Head of Content and User Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra dalam konferensi pers virtual, Senin (18/5/2020).

Konten-konten edukasi tersebut beragam mulai dari tips do-it-yourself (DIY), memasak, belajar bahasa, hingga life hack. Angga juga mencontohkan kepopuleran tips membuat Kopi Dalgona yang bahkan disebut 'kopi TikTok' karena ramai dibahas di platform tersebut.

Selain itu aplikasi besutan Bytedance ini juga meluncurkan kampanye #SamaSamadiRumah yang telah ditonton 7,8 miliar kali. Angga mengatakan popularitas dua tagar ini menunjukkan bagaimana pengguna TikTok mengusir rasa bosan saat harus berdiam di rumah dengan cara yang kreatif.

Selama pandemi, pengguna TikTok baik global maupun di Indonesia juga meningkat, tapi Angga tidak memberikan angka kenaikan yang spesifik.

Sementara itu berdasarkan data Sensor Tower, TikTok telah diunduh 2 miliar kali di Google Play Store dan Apple App Store. Hanya di kuartal pertama tahun 2020 saja TikTok telah diunduh 315 juta kali.



Simak Video "TikTok Dilaporkan Terkait Dugaan Pelanggaran Privasi Anak-anak"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)