Otoritas AS Hentikan Tes Corona yang Didukung Bill Gates

Otoritas AS Hentikan Tes Corona yang Didukung Bill Gates

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 17 Mei 2020 10:05 WIB
Bill Gates
Otoritas AS Hentikan Tes Corona yang Didukung Bill Gates. (Bill Gates. Foto: Reuters)
Seattle -

Gerah dengan sistem tes Corona di Amerika Serikat, Bill Gates mendukung program tes mandiri yang dilakukan di rumah warga. Tapi program bernama SCAN (Seattle Coronavirus Assessment Network) itu dihentikan oleh otoritas.

Dikutip detikINET dari Business Insider, lembaga pemerintah US Food and Drug Administration atau FDA meminta program itu disetop sampai waktu yang belum ditentukan.

Dalam inisiatif tersebut, warga bisa melakukan tes Corona sendiri di dalam rumah mereka. Sekitar 300 orang sempat dites per hari dalam program ini sebelum dihentikan oleh FDA. Apa alasannya?

SCAN menjelaskan bahwa FDA mensyaratkan izin tambahan untuk melaksanakan tes Corona mandiri ini. Mereka menegaskan tidak ada isu selain masalah itu.

"Tidak ada isu ataupun kekhawatiran tentang keamanan atau akurasi tes yang dilakukan SCAN," sebut SCAN.

SCAN diluncurkan pada awal Maret dengan pendanaan dari Gates Foundation dan didukung beberapa lembaga lain termasuk Seattle and King County Public Health Department dan Fakultas Kedokteran University of Washington.

Dalam blognya, Gates membanggakan program ini karena berguna untuk memetakan penderita Corona di masyarakat. "Tidak hanya membantu meningkatkan pemahaman kita soal wabah Corona di Seattle, tapi juga menyediakan informasi berharga ke komunitas lain di dunia," tulis Gates.

"SCAN adalah program pertama yang memungkinkan partisipan menggunakan tes swab sendiri untuk mengumpulkan sampel dan mengirimkannya ke lab tanpa perlu meninggalkan rumah," imbuhnya.



Simak Video "Beredar Kabar Bill Gates Selingkuh dengan Staf Microsoft"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/jsn)