Mantan Menkominfo Rudiantara Siapkan Obat COVID-19

Mantan Menkominfo Rudiantara Siapkan Obat COVID-19

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 16 Mei 2020 12:02 WIB
Rudiantara di RSPAD Gatot Soebroto
Mantan Menkominfo Rudiantara. Foto: Rudiantara di RSPAD Gatot Soebroto (Wilda Hayatun/detikcom)
Jakarta -

Kendati tidak di pemerintahan lagi, mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara masih disibukan dengan pengabdian ke masyarakat. Salah satu yang dikerjakan menyiapkan obat COVID-19.

Demikian diungkap pria yang kerap disapa Chief RA ini ketika mengisi sesi Bicara Data Virtual Series di akun YouTube Katadata Indonesia.

Rudiantara mengatakan seperti rekan-rekannya yang lain aktivitasnya saat ini lebih pada kegiatan sosial. Tapi yang sedikit berbeda, bersama teman dan sahabat di kabinet sebelumnya melakukan uji coba klinik atas kandidat obat COVID-19.

Menurutnya ini penting dilakukan. Karena selama belum ditemukannya vaksin, COVID-19 tidak akan pernah hilang.

Mengacu prediksi banyak pihak, vaksin COVID-19 kemungkinan baru tersedia akhir 2021. Jadi selalu saja ada kemungkinan orang terserang virus Corona.

"Jadi kami upayakan untuk segera secepatnya ada 'obat' untuk COVID-19 ini. Mengapa? karena kalau belum ada kita tetap saja harus bergelut dengan social distance,' ujar Chief RA.

"Kalau sudah ada setidaknya mengurangi. Tetapi juga kalau obat sudah ada, kembali, tidak menghilangkan kemungkinan orang terkena COVID-19, kecuali vaksin sudah ada," lanjutnya.

Obat yang disiapkan Rudiantara dan rekan-rekannya ini diharapkan bukan sintetis. Artinya tidak memerlukan resep dokter bila masyarakat ingin membelinya

"Katakanlah Panadol misalkan yang bisa dibeli di warung atau toko-toko dan tidak perlu pakai resep dokter. Jadi masyarakat pun bisa mudah mengakses 'obat' ini,' paparnya.

"Mudah-mudahan nanti paling lama bulan Juli awal Agustus itu sudah keluar hasilnya," pungkas Rudiantara..



Simak Video "Usai Lepas Jabatan Menkominfo, Rudiantara Ingin Jaga Masjid Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)