Aplikasi 'Raqib Atid' Ganti Nama

Aplikasi 'Raqib Atid' Ganti Nama

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 16 Mei 2020 09:03 WIB
aplikasi Raqib Atid memiliki ide yang terbilang unik. Melalui aplikasi ini, orang bisa memantau perbuatan amal baik dan amal buruknya dengan membuat catatan sendiri.
Aplikasi yang sempat jadi kontroversi, 'Raqib Atid', akhirnya ganti nama. Foto: App Raqib Atid
Jakarta -

Aplikasi 'Raqib Atid' yang sebelumnya sempat menjadi perbincangan hingga debat panjang akhirnya mengganti nama aplikasinya. Kini, aplikasi tersebut berubah nama menjadi 'Muhasabah'.

Menurut pantauan detikINET, aplikasi ini melakukan update pada 10 Mei dan menuliskan alasannya. Diketahui aplikasi ini panen kritik mulai dari netizen, bahkan Kemenag angkat suara mengenai aplikasi tersebut.

"Mengganti nama aplikasi karena menimbulkan kontroversi, menambahkan pilihan reset database, tombol di ubah jadi increment," tulis developer.

Nama baru aplikasi 'Raqib Atid' yang sempat jadi perdebatan.Nama baru aplikasi 'Raqib Atid' yang sempat jadi perdebatan. Foto: Tangkapan Layar


Selain itu, terdapat catatan tambahan yang ada di bagian tracking untuk 'D' (dosa) dan 'P' (pahala) yakni berupa tulisan 'Hanya Allah yang Tahu Nilainya'. Aplikasi besutan Mahmud Fauzi kini telah diunduh sebanyak 10 ribu sejak dikeluarkan pada 28 April 2020.

Nah, jika diperhatikan tambahan catatan di bawah diagram 'P' (pahala) dan 'D' (dosa).Nah, jika diperhatikan tambahan catatan di bawah diagram 'P' (pahala) dan 'D' (dosa). Foto: Tangkapan Layar



Tak hanya itu, ada juga tulisan pada detail tentang app 'sebelum catatan amal dari malaikat Raqib dan Atid dibukakan, dan sebelum Allah menghisab amalmu alangkah lebih sangat baik renungkan amalan dan dosa yang telah anda perbuat'.

Tak dimungkiri, terdapat penurunan rating di Google Play Store imbas perdebatan warganet. Aplikasi Raqib Atid sebelumnya di-download lebih dari 5 ribu kali dan mendapatkan rating 4,2 pada 9 Mei. Kini, rating-nya turun menjadi 3,7.



Simak Video "Google Akan Ubah Tampilan Play Store pada Perangkat Berlayar Lebar"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)