Emoji Ini Jadi Tren saat Pandemi COVID-19, Ada yang Bisa Tebak?

Emoji Ini Jadi Tren saat Pandemi COVID-19, Ada yang Bisa Tebak?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 14 Mei 2020 10:32 WIB
emoji
Ilustrasi emoji. (Foto: dok. Emojipedia)
Jakarta -

Banyak orang berbincang secara online ketika melalui masa sulit di tengah pandemi COVID-19, entah video call atau chat. Ternyata salah satu emoji mengalami peningkatan penggunaan selama penyebaran SARS-CoV-2 berlangsung, ada yang bisa tebak?

Walaupun emoji 😷 dan 🛒 ini cukup sering digunakan, ternyata masih ada yang mengalahkannya. Yap, dia lah emoji dua tangan yang bersatu alias yang ini nih detikers: 🙏.

Emoji yang kadang disebut sebagai tangan yang sedang berdoa ini digunakan 25% lebih sering pada April ini dibanding Agustus tahun lalu di mana merupakan kali terakhir analisis karakter yang dilakukan oleh Emojipedia. Penelitian ini diamati dari frekuensi penggunaan di Twitter.

Selain itu, ikon masker, mikroba serta sabun batang mengalami peningkatan yang berasosiasi dengan pesan pencegahan terpapar virus Corona. Sementara itu, emoji ✈️ dan ⚾ menurun mengingat kini mayoritas orang melakukan karantina.


"Cara emoji digunakan untuk menggambarkan pandemi pada dasarnya adalah bahasa tubuh untuk era digital," Vyvan Evans penulis "The Emoji Code: The Linguistics Behind Smiley Faces and Scaredy Cats kepada CNN Business.

Menurutnya bahasa digunakan untuk menyampaikan pikiran, namun butuh hal yang bisa menggambarkan intonasi dan ekspresi seseorang demi mencapai komunikasi yang efektif. Di sanalah peranan emoji untuk chatting.

Kalau kamu sendiri, emoji apa yang paling kamu sering gunakan belakangan ini?



Simak Video "Melihat Tren Unik saat Pandemi, Huawei Pede dengan MatePad"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)