Mimin Facebook Dapat Uang Kompensasi Stress

Mimin Facebook Dapat Uang Kompensasi Stress

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 13 Mei 2020 10:16 WIB
FILE PHOTO: Silhouettes of laptop users are seen next to a screen projection of Facebook logo in this picture illustration taken March 28, 2018.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo                         GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD
Mimin Facebook Dapat Uang Kompensasi Stress (Foto: Reuters)
Jakarta -

Memangnya enak jadi admin media sosial sebesar Facebook? Jadi moderator yang menyisir semua konten negatif, pasti stress. Mereka pun dikasih uang kompensasi.

Itulah langkah yang diambil oleh Facebook usai putusan Pengadilan Tinggi di San Mateo, California, AS seperti diberitakan New.com Australia, Rabu (13/5/2020). Sebelumnya, Facebook dituntut pegawainya bernama Selena Scola sejak 2 tahun lalu.

Selena Scola ini bekerja sebagai moderator-nya Facebook. Sebagai 'mimin Facebook', Scola harus menyisir semua konten negatif. Dia terpapar dengan gambar pemerkosaan, pembunuhan atau bunuh diri. Seram-seram deh!

Scola pun mengalami post traumatic stress disorder (PTSD). Scola tidak sendiri, Facebook punya banyak mimin dan mereka merasakan tidak mendapatkan kenyamanan karena risiko kerjanya itu.


Para mimin Facebook digaji AUD 44.000/tahun, sekitar Rp 423,6 juta atau Rp 35,3 juta sebulan. Pengadilan pun memutuskan Facebook harus membayar kompensasi sebesar AUD 80 juta (Rp 770,2 miliar) untuk para mimin yang mengalami masalah kesehatan mental.

Facebook juga dituntut membuat kondisi kerja yang lebih nyaman untuk para miminnya. Antara lain, saat bekerja para moderator punya fasilitas mematikan audio dan gambar jadi hitam putih otomatis untuk konten seram yang sedang mereka sisir dalam tugasnya.

"Kami sangat berterima kasih pada orang-orang yang melakukan pekerjaan penting untuk Facebook dengan membuatnya jadi medsos yang aman untuk semua orang," kata Facebook dalam pernyataan resminya.


Sebelumnya, Facebook juga mengumumkan penggunaan artificial intelligence (AI) untuk menyisir meme pesan kebencian. Saat ini mereka punya database 10.000 meme SARA. Facebook pun mengajak para developer mengembangkan algoritma canggih dengan hadiah uang yang besar.

Untuk Q1 2020, perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini melaporkan sudah membuang 9,6 juta postingan kebencian. Eh, kamu juga bisa bantu lho dari rumah masing-masing.

Caranya adalah dengan tidak memposting konten negatif ke Facebook. Kasihan lho miminnya...



Simak Video "Mark Zuckerberg Selancar Pakai Sunscreen Tebal, Netizen: Mirip Joker!"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)