Kembali Sekolah, Siswa di China Pakai Gelang Deteksi Demam

Kembali Sekolah, Siswa di China Pakai Gelang Deteksi Demam

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 12 Mei 2020 12:41 WIB
Siswa di Thailand ramai-ramai mengenakan masker saat mengikuti ujian masuk sekolah menengah. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona.
Ilustrasi. Foto: AP Photo/Sakchai Lalit
Beijing -

Pandemi Corona di China mulai bisa dikendalikan. Para siswa pun kembali ke sekolah setelah libur cukup lama, tapi situasi belum senormal sebelumnya. Bahkan, para siswa di Beijing pun diminta memakai gelang khusus.

Pemerintah kota Beijing mengadopsi gelang pintar untuk mencegah kemungkinan pandemi Corona muncul lagi. Gelang tersebut dapat memonitor temperatur badan secara langsung atau real time untuk mengetahui apakah ada gejala demam atau tidak.

Dikutip detikINET dari South China Morning Post, saat ini solusi tersebut tengah diujicoba untuk siswa kelas akhir. Tujuannya untuk mendeteksi jika ada sesuatu yang tidak normal di badan siswa dan langsung dapat mengantisipasinya.

SMP Beijing Fengtai No 2 misalnya, ikut serta dalam proyek awal gelang pintar itu. Pihak sekolah membenarkan bahwa sebagian siswa telah menerima dan memakai gelang pintar bersangkutan.

Siswa yang sudah kembali bersekolah diminta memakainya selama jam pelajaran berlangsung. Selain itu, ada pengukuran suhu manual dua kali sehari.

Pemerintah Beijing rencananya akan memperluas implementasi gelang pintar itu dalam waktu dekat. Statistik suhu badan yang dideteksi gelang itu akan diupload ke smartphone melalui bluetooth.

Dengan alat ini, siswa diharapkan tidak begitu mencemaskan kondisi mereka sehingga bisa lebih berkonsentrasi untuk menggelar ujian. Sasaran utamanya memang para siswa tingkat akhir yang akan menentukan nasibnya lulus atau tidak.



Simak Video "Kisah Wanita AS, Berbagi Makanan Usai Dipecat Gegara Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)